Membuat Tunnel Cloudflare Agar Bisa Akses Localhost Online Domain Sendiri

 Assalamulaikum Wr. Wb.

Halo sahabat GTK, semoga sehat dan bahagia.

Untuk kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi tutorial tentang cara mengonlinekan localhost. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sudah banyak aplikasi berbasis web. Bagi teman-teman operator sekolah tentu sudah tidak asing lagi dengan Dapodik dan Erapor yang termasuk aplikasi berbasis web.

Membuat Tunnel Cloudflare Agar Bisa Akses Localhost Online Domain Sendiri
Ilustrasi Membuat Tunnel Cloudflare Agar Bisa Akses Localhost Online Domain Sendiri


Tutorial ini diharapkan bisa berguna untuk teman-teman operator yang ingin mengonliekan aplikasi Erapor agar Bapak/Ibu Guru bisa mengerjakanya di rumah/dikelas masing-masing.

Selain itu mungkin juga bermanfaat untuk yang sedang belajar aplikasi CBT maupun Elearning agar siswa bisa mengaksesnya juga dari rumah.

Tanpa panjang lebar mari kita mulai saja.

A. Apa itu Tunnel Cloudflare?

Tunnel Cloudflare, atau yang lebih dikenal dengan nama resmi "Cloudflare Tunnel" atau "Argo Tunnel," adalah sebuah layanan yang disediakan oleh Cloudflare untuk meningkatkan keamanan dan kinerja situs web atau aplikasi. 

1. Cloudflare

Cloudflare adalah perusahaan yang menyediakan berbagai layanan keamanan dan kinerja untuk situs web atau aplikasi. Salah satu fokus utama Cloudflare adalah melindungi situs web dari serangan siber dan meningkatkan kecepatan akses pengguna ke situs tersebut.

2. Tunnel

Dalam konteks jaringan dan internet, "tunnel" mengacu pada suatu jalur aman yang digunakan untuk mengirimkan data antara dua titik (misalnya, antara server dan pengguna). Tujuannya adalah untuk melindungi data dari ancaman keamanan saat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

3. Argo Tunnel

Argo Tunnel adalah fitur khusus dari Cloudflare yang memungkinkan Anda menyembunyikan alamat IP asli dari server web Anda. Sebaliknya, server web Anda hanya terhubung ke Cloudflare dan tidak langsung terpapar ke internet. Ini meningkatkan keamanan karena alamat IP server tidak mudah diakses atau diidentifikasi oleh pihak yang tidak diinginkan.

Jadi, "Tunnel Cloudflare" atau "Cloudflare Tunnel" mengacu pada penggunaan Argo Tunnel untuk menyajikan situs web atau aplikasi melalui jalur yang aman dan melalui infrastruktur Cloudflare. Ini membantu melindungi server Anda dari serangan dan mempercepat pengiriman konten kepada pengguna akhir dengan memanfaatkan jaringan global Cloudflare.

Dengan menggunakan Tunnel Cloudflare, situs web atau aplikasi Anda dapat mengalami peningkatan keamanan, kecepatan, dan ketersediaan, sambil tetap mudah dikelola melalui antarmuka pengguna Cloudflare.

B. Membuat Tunnel Cloudflare Agar Bisa Akses Localhost Online Domain Sendiri

Diatas adalah sedikit beberapa pengertian tentang Tunnel Cloudflare, saya sendiri juga gak terlau paham.. hehe. 

Mending kita langsung saja praktik.

1. Silahkan login ke  https://dash.cloudflare.com/ pilih menu "Zero Trust"

Zero Trust Cloudflare

2. "Access" --- "Tunnels"

access tunnels

3. "Add a tunnel"

add a tunnel

4. Tulis nama tunel bebas, "Save tunnel"

save tunnel

5. Pilih sesuai laptop yang digunakan, disini saya menggunakan "Windows" --- "64-bit". Selanjutnya download konektor tunnel. 
download konektor tunnel

6. Silahkan instal dulu konektor tunnelnya
instal konektor tunnel

7, Kemudian buka aplikasi CMD run as administrator, masukan perintah sesuai kode yang ditampilkan. Lakukan copy paste saja.
masukan perintah cmd tunnel

8. Jika sukes maka akan muncul keterangan seperti gambar di bawah ini
suskes instal tunnel cloudflare

9. Status connected pilih "Next"
status connected next

10. Kemudian masukan domain Anda dan URL localhost beserta portnya yang ingin dionlinekan, disini saya mencoba mengonlinekan aplikasi erapor. "Save tunnel"
masukan url localhost


11. Selanjutnya silahkan coba buka link/alama domain Anda. Misalnya disini:https://nirsinggih.biz.id/
berhasil mengonliekan localhost dengan domain


C. Penutup

Sampai sini Anda telah berhasil mengonlinekan aplikasi localhost menggunakan domain sendiri. Namun perlu Anda ketahui untuk menyewa domain itu berbayar, ada beberapa penyedia yang juga menawarkan domain gratis. Bisa di cek di google atau grup-grup yang mebahas tentang website/blog.

Kalau Anda memerlukan domain murah bisa Contact saya sekaligus dibantu untuk seting secara remote.  CARA MUDAH REMOTE LAPTOP JARAK JAUH

Demikianlah yang bisa saya share bagaimana membuat Tunnel Cloudflare Agar bisa akses localhost online menggunakan domain sendiri. Melaui cara ini juga Anda tak perlu lagi repot seting berulang, ketika laptop mati dan dinyalakan maka sudah akan otomatis online.


Jangan ragu untuk menyampaikan pertanyaan melaui kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

 Sumber referensi: https://chat.openai.com/
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar untuk "Membuat Tunnel Cloudflare Agar Bisa Akses Localhost Online Domain Sendiri"

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK