Fitur Aplikasi PPDB Online Gratis CMS Sekolahku

Daftar Isi

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo sahabat GTK semuanya, khususnya teman-teman Admin Web Sekolah. Salam sehat dan bahagia.

Pada CMS Sekolahku disediakan juga fitur Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Fitur PPDB ini ternyata disediakan juga pada versi gratis.

Aplikasi PPDB Online CMS Sekolahku Gratis
Tampilan Aplikasi PPDB Online CMS Sekolahku Gratis

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online adalah proses penerimaan siswa baru ke sekolah atau lembaga pendidikan yang dilakukan melalui platform atau sistem aplikasi online berbasis web. Cara ini sudah lazim dilakukan di banyak sekolah dan daerah. PPDB Online memiliki banyak keunggulan kalau dalam lingkup kecil kali ini adalah menghemat kertas dan mempermudah pendataan.

Postingan kali ini saya ingin berbagi panduan ringkas untuk mengaktifkan atau menggunakan fitur menu PPDB Online CMS Sekolahku versi gratisanya.

Karena aplikasi ini juga bisa digunakan untuk jenjang uninervsitas maka nama menu di sini menggunakan PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru). Tapi tak mengapa intinya kita tahu bahwa menu ini digunakan untuk mengkatifkan menu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Baik tanpa panjang lebar kita langsung saja.

1. Mengaktifkan Dibuka / Ditutup PPDB

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan atau sedang melakukan seting sana sini untuk PPDB, silahkan jangan atur jangan dibuka dulu. Melalui menu "PMB 2023" --- "Pengaturan" --- "Status Penerimaan Peserta Didik Baru" --- "Ditutup"

status ppdb cms sekolahku ditutup

2. Pengaturan Data Tahun PPDB

Selanjutnya kita perlu mengatur tahun PPDB melaui menu "AKADEMIK" --- "Data Induk" --- "Tahun Pelajaran" --- klik icon + "Tambah"

tahun ppdb cms sekolahku


Nanti akan tampil pilihan untuk mengaktifkan PPDB dan Semester yang aktif.

ppdb cms sekolahku aktif

3. Menambah Data Jurusan Program Keahlian

Untuk jenjang SMA/SMK perlu untuk mengatur jurusan/program keahlian melalui menu "Akadmik" -- "Data induk" --- "Jurusan" --- klik icon + "Tambah"

data jurusan cms sekolahku

nama jurusan cms sekolahku
Namun untuk jenjang SD dan SMP tidak mengisikan jurusan tetap bisa.

4. Mengatur Gelombang Pendaftaran

Langkah selanjutnya adalah mengatur gelompabg pendaftaran melaui menu "PPDB/PMB" --- "Gelombang Pendaftaran" --- "Tambah"
gelombang ppdb cms sekolahku

Ada yang harus diperhatikan dalam pengaturan jadwal gelombang yaitu jangan mengubah gelombang pendaftaran yang pernah dipakai sebelumnya karena akan mengubah semua data yang lama. 

tanggal mulai gelombang ppdb

5. Mengatur Jalur Pendaftaran

Pada CMS Sekolahku juga sudah dilengkapi jalur pendaftaran. Isi pilihan jalur pendaftaran melaui menu "PPDB/PMB" --- "Jalur Pendaftaran"
jalur pendaftaran cms sekolahku

7. Mengatur Kuota Pendaftaran.

Kuota pendaftaran wajib diisi, karena jika tidak maka akan terkendala saat proses seleksi PPDB.
kuota ppdb cms sekolahku

8. Bagikan link formulir PPDB Online

Formulir PPDB Online CMS Sekolaku sudah dibuat menyesuaikan dengan isian Formulir Dapodik jadi sudah sangat lengkap dan bisa digunakan untuk keperluan pendataan dan update data Dapodik.
formulir ppdb cms sekolahku



9. Memverifikasi Daftar Ulang PPDB

Setelah proses pengisian formulir PPDB, maka selanjutnya admin melakukan verifikasi dengan cara mengisi isian ya daftar ulang. Silahkan buka menu "PPDB/PMB" --- "Calon Peserta Didik Baru" --- klik "Tanda Centang" --- isi daftar ulang "Ya" --- "Update"

Verifikasi Daftar Ulang PPDB CMS Sekolahku

10. Proses Seleksi PPDB Diterima

Setelah proses pengisian formulir dan verifikasi/daftar ulang maka selanjutnya adalah proses seleksi untuk menentukan siswa diterima atau tidak. Silahkan masuk ke menu "Proses Seleksi"
Verifikasi Daftar Ulang PPDB CMS Sekolahku

Kemudian tampilkan data berdasarkan Tahun, Jalur Pendaftaran, dan Jurusan.

Setelah itu beri tanda cetak siswa yang akan diterima. Jangan lupa untuk mengisi hasil seleksi "Diterima" --- "Simpan Hasil Seleksi"

11. Rekap Pendaftar Diterima

Gunakan menu "Pendaftar Diterima" untuk melihat daftar Peserta Didik yang diterima. Di menu ini juga tersedia fasilitas eksport ke file excel.

Peserta Didik Diterima CMS Sekolah

12. Rekap Pendaftar Tidak Diterima

Menu "Pendaftar Tidak Diterima" menampilkan siswa/peserta didik yang tidak diterima. Jika karena pertimbangan tertentu diterima, bisa langsung ubah di menu ini.

tidak diterima ppdb cms sekolahku

13. Cek Mandiri Status PPDB Diterima

Masing-masing siswa juga bisa melakukan cek status penerimaan secara mandiri melaui menu "PPDB" --- "Hasil Seleksi". Masukan nomor pendaftaran dan tanggal lahir. Maka akan muncul keterangan Sukses Anda Lolos Seleksi Penerimaan Peserta Didik baru dan diterima di Jurusan .... SD...

cek online ppdb cms sekolahku

14. Data Excel PPDB Lengkap

Data dari isian fomulir PPDB yang lengkap juga bisa di download dalam format excel. Sehingga akan memudahkan pengolahan data untuk keperluan administrasi atau laporan.
data excel ppdb lengkap

15. Penutup

Itulah cara praktis untuk mengaktifkan menu fitur Aplikasi PPDB Online pada CMS Sekolahku versi gratis.

Lihat postingan sebelumnya: 👉 Cara Membuat Website Profil Sekolah di CMS Sekolahku

Selanjutnya: Memanfaatkan Menu Blog pada CMS Sekolahku

Jika ada yang ingin ditanyakan sampaikan saja melaui kotak komentar.

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar