Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Instal Aplikasi Merdeka Mengajar Kurikulum Merdeka untuk Pemula

Halo Bapak/Ibu Guru Hebat....

Terima kasih telah menyempatkan berkunjung di blog sederhana ini.

Disini saya hanya ingin berbagi Cara Mudah Instal Aplikasi Merdeka Mengajar Kurikulum Merdeka untuk Pemula.
Cara Instal Aplikasi Merdeka Mengajar



Aplikasi Medeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

Aplikasi Merdeka Mengajar merupakan superapp edukasi yang dirancang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membantu guru mengajar, mengembangkan kompetensi, dan berkarya lebih baik lagi.

Aplikasi Merdeka Mengajar merupakan bagian dari episode Merdeka Belajar yang juga mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Jadi Bapak/Ibu Guru yang sekolahnya menjadi Sekolah Penggerak maupun sudah diterapkan sebagai Sekolah IKM, sangat dianjurkan untuk menginstal aplikasi ini.

Untuk bisa menginstal Aplikasi ini minimal Android versi 5 (Lollipop) ke atas.

Baiklah tanpa panjang lebar berikut ini cara instal aplikasi Merdeka Mengajar pada HP Android

1. Buka "Play Store" yang ada di HP Android Bapak/Ibu Guru

 
2. Di kotak pencarian tulis/ketikan "Merdeka Mengajar" , jika sudah ketemu lanjut "Instal"

3. Tunggu beberapa saat agar aplikasi terinstal/terpasang, ini tidak lama karena ukuran aplikasi juga kecil hanya 4MB saja.

 

4. Setelah selesai silahkan buka aplikasi "Merdeka Mengajar", tampilan icon nya seperti gambar dibawah ini.. 



5. Silahkan pilih menu yang tersedia, beberapa fitur bisa dibuka tanpa login namun untuk mendapatkan fitur lengkap Anda harus login.


6. Untuk login gunakan akun @belajar.ID jika dari Madrasah gunakan email @madrasah.kemenag.go.id 

7. Jika akun belum pernah menautkan akunbelajar.id di HP, silahkan pilih "Tambahkan akun lain"


8. Masukan username dan password akun Belajar.ID Anda, jika belum punya silah lihat postingan sebelumnya:  Cara Mendapatkan Akun belajar.id

9. Saat pertama kali masuk Anda akan ditanya Nama Sekolah dan nama Provinsi, silahkan diisi.

 

10. Gunakan fitur "Pelatihan Mandiri" untuk mengembangkan potensi Anda. Tersedia banyak topik yang bisa dipelajari, diantaranya: Merdeka Belajar, Kurikulum, Profil Pelajar Pancasila, Perencanaan Pembelajaran SD, Asesmen SD, Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD, Budaya Positif, dll.

 

11. Di setiap pelatihan Mandiri akan ada aktivitas melihat materi berupa Teks maupun Video, dan juga ada Kuis untuk melihat sejauh mana pemahaman Anda.


12. Di Platform ini Bapak Ibu Guru juga bisa mendokumentasikan "Aksi Nyata" yang telah dilakukan, dan melihat Aksi Nyata rekan Guru se-Nusantara

 

13. Berikan "tanggapan/komentar" dari Aksi Nyata rekan Guru.

14. Menu "Bukti Karya" berfungsi sebagai tempat dokumentasi karya tenaga pendidik. Karya ini menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. Anda dapat menemukan berbagai karya rekan pendidik maupun menambahkan karya pribadi Anda di Bukti Karya. Karya yang terdokumentasikan dalam Bukti Karya juga dapat dibagikan ke rekan sejawat untuk saling belajar dan menginspirasi.

 

15. Menu "Perangkat Ajar". Perangkat ajar merupakan berbagai materi pengajaran yang dapat digunakan guru untuk mendukung kegiatan belajar mengajarnya. Perangkat ajar dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran, yang disusun sesuai domain dan fase tertentu. Perangkat ajar bisa berupa bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks.

 

16. "Menu Kelas" Kelas merupakan sebuah fitur di platform Merdeka Mengajar yang dapat digunakan guru untuk membuat kelompok murid sesuai rombelnya di sekolah. Informasi Kelas diperlukan untuk mendapatkan analisis level kompetensi kelas dari hasil asesmen.

 

17. "Menu Info Terkini" Dapatkan informasi terbaru tentang kegiatan webinar dan jadwalnya, ataupun info terhangat lainnya tentang Merdeka Belajar.

18. Di menu "Pengaturan" Anda bisa melihat pusat bantuan untuk memahami lebih lanjut tentang penggunaan aplikasi Merdeka Mengajar.

Kiranya itu saja yang bisa saya sampai tentang cara mudah instal aplikasi Merdeka Mengajar dan memanfaatkan menu fiturnya untuk mendukung pembelajaran dan asesmen. 

Silahkan Instal aplikasi Merdeka Mengajar melalui tautan:   https://play.google.com/store/apps/details?id=id.belajar.app

Selanjutnya Bapak/Ibu Guru bisa bereksplorasi sendiri di dalam aplikasi karena didalamnya sudah dilengkapi panduan.

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya..

Terima kasih...
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Instal Aplikasi Merdeka Mengajar Kurikulum Merdeka untuk Pemula"

Sahabat GTK