Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nomenklatur Dinas Pendidikan Berubah Kop Surat Menyesuaikan

Dalam sebuah perjalanan birokrasi perubuhan nama nomenklatur Dinas merupakan hal yang biasa terjadi.

Nomenklatur Dinas Pendidikan
Ilustrasi Nomenklatur Kop Surat

Dikutip dari Wikipedia Indonesia, Tata nama atau nomenklatur (bahasa Inggris: nomenclature) berasal dari bahasa Latin: nomen untuk penamaan atau calare bagi sebuah penyebutan dalam bahasa Yunani: ονοματοκλήτωρ yang berasal dari kata όνομα atau onoma yang sama berarti dengan bahasa Inggris kuno: nama dan bahasa Jerman kuno: namo adalah merujuk pada persyaratan, sistem prinsip-prinsip dasar, prosedur dan persyaratan yang berkaitan dengan penamaan yang dapat merupakan pembakuan kata atau frasa penugasan untuk objek tertentu.

Untuk pedoman nomenklatur Perangkat Daerah kita bisa melihat pada Permendagri nomor 5 Tahun 2017 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Provinsi Dan Daerah Kabupaten/Kota Yang Melaksanakan Fungsi Penunjang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan.

Ada juga Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah Bidang Pendidikan Dan Kebudayaan 

Pemerintah Daerah juga memiliki peraturan tentang Pembentukan dan Sususunan Perangkat Daerah.


Pada postingan kali ini sayaakan sedikit berbagi informasi bahwa mulai tanggal 1 Januari 2022, nomenklatur Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Purworejo menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kabupaten Purworejo.

Dasar perubahan nomenklatur ini adalah:

  • 1. Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo, Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.
  • 2. Peraturan Bupati Nomor 83 Tahun 2021, tentang Kedudukan Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kabupaten Purworejo.


Dengan adanya perubahan nomenklatur juga akan mengubah tata naskah surat dinas, seperti Kop surat atau kepala surat.

Pelajari lebih tentang: 👉 KOP SURAT DINAS 

Download Juga: APLIKASI CETAK AMPLOP SURAT EXCEL SIMPEL


Demikianlah informasi tentang Nomenklatur Dinas Pendidikan Berubah juga harus mengubah Kop Surat yang merupakan bagian terpenting dari surat dinas.

Dengan menggunakan nomenklatur yang baik serta pembagian tugas dan kewenangan dalam sebuah tata kelola organisasi baik tentunnya akan berdampak baik sehingga lebih maju dan sejahtera.

Sumber Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Tata_nama

Posting Komentar untuk " Nomenklatur Dinas Pendidikan Berubah Kop Surat Menyesuaikan"