Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Seting Email SMTP Moodle Untuk Notifikasi Otomatis

Untuk kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial LMS Moodle yaitu Cara Seting Email Keluar SMTP Moodle.

Ini gunanya agar user atau siswa / mahasiswa dapat menerima pemberitahuan / notifikasi secara otomatis ke alamat email masing-masing.

Pengaturan SMTP Email Moodle
Cara Pengaturan SMTP Email Moodle

Apabila Anda instal LMS Moodle langsung melaui hosting, maka pengaturan email ini akan otomatis, namun bila menginstalnya di VPS maka perlu ada pengaturan khusus.

SMTP ini juga berguna apabila LMS diseting untuk membuat akun user pendaftaran mandiri yang konfirmasinya harus melalui email.

Saya menggunakan SMTP dari hosting, dan untuk pengaturanya adalah sebagai berikut.

A. Menyiapkan Email SMTP di Hosting

1. Login ke cPanel hosting Anda --- "Akun Email"

akun email hosting

2. Pilih menu "Buat" 

buat email hosting

3. Masukan nama pengguna, password, dan klik "Buat"

nama pengguna email

4. Jika sudah selesai dibuat, pergi ke menu "Connect Devices"

connect devices smpt

5. Disinilah informasi SMTP yang akan kita masukan di pengaturan moodle nanti. 

smpt moodle

B. Seting SMTP pada Moodle

Nah selanjutnya kita akan melakukan pengaturan email SMTP pada Moodle.

1. Pergi ke menu "Administrasi Situs" --- "Peladen" --- "Konfigurasi Emai Keluar"

konfigurasi email keluar moodle

2. Isikan HOST SMTP sesuai pada email yang telah kita buat di hosting tadi. Lihat pada bagian Server Keluar dan ditambah / ditulis SMTP Portnya, di sini misalnya mail.nsp.web.id:465

host smtp moodle

4. Untuk jenis keamanan SMTP, sesuai keperluan atau sesuai yang ada di hosting saya menggunakan "SSL"


3. Kemudian masukan username SMTP yang telah dibuat sebelumnya, dan masukan juga passwordnya.

Username SMTP Moodle

5. Jika sudah selesai "Simpan Perubahan"

6. Untuk melakukan pengecekan apakah pengaturan sudah benar, kita pergi ke menu "Uji Konfigurasi surel keluar"

uji konfigurasi email keluar

7. Kita coba mengirim pesan ke email.

uji konfigurasi email keluar

8. Coba cek email masuk, apakah ada email masuk dari LMS moodle yang kita buat. 

seting smtp moodle berhasil

Bagaimana? cukup mudah bukan?

Lihat juga tutorial lainya: CARA INSTAL LMS MOODLE DI HOSTING


Demikianlah  Cara Seting Email SMTP Moodle Untuk Notifikasi Otomatis ke Email Siswa / Mahasiswa

Semoga bermanfaat... 

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk " Cara Seting Email SMTP Moodle Untuk Notifikasi Otomatis"

Sahabat GTK