Cara Seting Email SMTP Moodle Untuk Notifikasi Otomatis

Daftar Isi

Untuk kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial LMS Moodle yaitu Cara Seting Email Keluar SMTP Moodle.

Ini gunanya agar user atau siswa / mahasiswa dapat menerima pemberitahuan / notifikasi secara otomatis ke alamat email masing-masing.

Pengaturan SMTP Email Moodle
Cara Pengaturan SMTP Email Moodle

Apabila Anda instal LMS Moodle langsung melaui hosting, maka pengaturan email ini akan otomatis, namun bila menginstalnya di VPS maka perlu ada pengaturan khusus.

SMTP ini juga berguna apabila LMS diseting untuk membuat akun user pendaftaran mandiri yang konfirmasinya harus melalui email.

Saya menggunakan SMTP dari hosting, dan untuk pengaturanya adalah sebagai berikut.

A. Menyiapkan Email SMTP di Hosting

1. Login ke cPanel hosting Anda --- "Akun Email"

akun email hosting

2. Pilih menu "Buat" 

buat email hosting

3. Masukan nama pengguna, password, dan klik "Buat"

nama pengguna email

4. Jika sudah selesai dibuat, pergi ke menu "Connect Devices"

connect devices smpt

5. Disinilah informasi SMTP yang akan kita masukan di pengaturan moodle nanti. 

smpt moodle

B. Seting SMTP pada Moodle

Nah selanjutnya kita akan melakukan pengaturan email SMTP pada Moodle.

1. Pergi ke menu "Administrasi Situs" --- "Peladen" --- "Konfigurasi Emai Keluar"

konfigurasi email keluar moodle

2. Isikan HOST SMTP sesuai pada email yang telah kita buat di hosting tadi. Lihat pada bagian Server Keluar dan ditambah / ditulis SMTP Portnya, di sini misalnya mail.nsp.web.id:465

host smtp moodle

4. Untuk jenis keamanan SMTP, sesuai keperluan atau sesuai yang ada di hosting saya menggunakan "SSL"


3. Kemudian masukan username SMTP yang telah dibuat sebelumnya, dan masukan juga passwordnya.

Username SMTP Moodle

5. Jika sudah selesai "Simpan Perubahan"

6. Untuk melakukan pengecekan apakah pengaturan sudah benar, kita pergi ke menu "Uji Konfigurasi surel keluar"

uji konfigurasi email keluar

7. Kita coba mengirim pesan ke email.

uji konfigurasi email keluar

8. Coba cek email masuk, apakah ada email masuk dari LMS moodle yang kita buat. 

seting smtp moodle berhasil

Bagaimana? cukup mudah bukan?

Lihat juga tutorial lainya: CARA INSTAL LMS MOODLE DI HOSTING

C. Menggunakan SMTP Brevo

Kadang pihak hostingpun membatasi php mail, sehingga tidak dapat digunakan untuk mengirim email melaui SMTP. Solusinya bisa menggunakan layanan pihak ke-tiga. Brevo adalah alat pemasaran email dan SMS. Sebelumnya, Brevo dikenal sebagai Sendinblue.

Di Brevo Anda bisa mengirimkan 300 email gratis setiap hari.

1. Silahkan Daftar/Login ke https://www.brevo.com/

smtp gratis  brevo

2. Pergi ke menu pojok kanan atas pilih "SMTP & API"
smtp brevo

3. "Generate a new SMTP Key"
generate smtp key brevo

 4. Selanjutnya Anda akan mendapatkan SMTP Key, silahkan di copy dulu.
smtp key

5. Cara memasukanya ke moodle, pergi ke menu "Site administration" --- "Server" --- "Email" --- "Outgoing mail configuration". SMTP hosts diisi: smtp-relay.brevo.com:587 Security: TLS Auth Type:Login Username: email username di Brevo.  
smtp brevo moodle


6. Untuk passwordnya yaitu SMTP Key yang dibuat tadi. Jangan lupa di "Save"
password smtp brevo

7. Selanjutnya kita tes melaui menu "Test outgoing mail configuration" untuk mengirimkan ke email.
tes smtp brevo

8. Cek email masuk, dan terlihat tes SMTP Brevo untuk mengirim email pemberitahuan ke moodle berhasil.
smtp brevo moodle berhasil


D. Menggunakan SMTP Sengrid


Salah satu penyedia SMTP Gratis lainya yaitu sendgrid. Dengan Sendgrid juga bisa digunakan untuk SMTP yang ada di Moodle dengan jumlah email 100 per hari.

Langsung saja ke tutorialnya:

1. Buat akun di https://sendgrid.com/
smtp gratis sendgrid

2. Selanjutnya pergi ke menu "Setings"--- "Email API" --- "Create API Key"
email api sengrid

3. Beri nama APY Key, disini saya piluh yang Full Access lanjut "Create & View"
api key sendgrid

4. Selanjutnya akan muncul key, silahkan copy dulu.
copy key


5. Untuk cara memasukan di moodlenya sebagai berikut:
seting smtp moodle sendgrid

  • SMTP hosts: smtp.sendgrid.net:587
  • SMTP security: TLS
  • SMTP Auth Type: Login
  • SMTP username: apikey
  • SMTP password: diisi API Key yang dibuat tadi.
6. Sekarang kita bisa tes outgoing emailnya, dan disini terlihat berhasil. Silahkan coba cek email masuk. Jika tidak ada di email utama, kadang masuk di folder spam.
test outgoing email smtp sengrid



D. Penutup

Demikianlah  Cara Seting Email SMTP Moodle Untuk Notifikasi Otomatis ke Email Siswa / Mahasiswa

Disini saya menggunakan SMTP dari Hosting, Brevo dan Sendgrid. 

Untuk belajar kuota pengiriman SMTP Gratis masih sangat berguna, kita juga bisa mengganti layanan SMTP sesuai kebutuhan, misalnya usernya sudah banyak kita bisa gantian akun.

Semoga bermanfaat... 

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar