Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BANTUAN KUOTA INTERNET KEMDIKBUD ALL APLIKASI TAHUN 2021

Pada tahun 2021 Kemendikbud kembali meluncurkan program bantuan kuota internet yang pernah dilaksanakan pada tahun 2020. Secara umum teknis dan bentuk bantuannya masih sama hanya ada sidikit perbedaan. Kabar gembiranya adalah jika pada tahun 2020 bantuan kuota internet hanya untuk beberapa aplikasi kuota belajar, pada tahun ini dapat digunakan untuk akses semua aplikasi.

Bantuan kuota internet Kemdikbud Tahun 2021
Bantuan kuota internet Kemdikbud All Aplikasi Tahun 2021

Untuk informasi yang lebih lengkap tentang bantuan kuota internet kemdikbud ALL Operator dan All (Semua) Aplikasi Tahun 2021 mari kita simak bersama-sama uraiannya.

1. Besaran Kuota Data Internet Kemdikbud Tahun 2021

Besar Data Kuota Internet Kemdikbud 2021

  • Peserta Didik PAUD: 7 GB / bulan
  • Peserta Didik SD dan SMP: 10 GB / bulan
  • Guru PAUD, SD, dan SMP: 12 GB / bulan
  • Dosen dan Mahasiswa: 15 GB / bulan

Bantuan kuota internet akan diberikan selama 3 bulan.

2. Aplikasi yang bisa Diakses

Aplikasi yang tidak bisa dibuka kuota belajar

Kuota Data Internet Kemdikbud Tahun 2021 bisa untuk akses all semua aplikasi jadi lebih fleksibel, hanya ada beberapa yang tidak bisa diakses yaitu:

  • 1. Website yang diblokir Kominfo
  • 2. Twiter
  • 3. Instagram
  • 4. Facebook
  • 5. Tiktok
  • 6. Aplikasi Games Online

Dengan begitu bantuan kuota internet dapat gunakan secara maksimal tanpa ada sisa kuota belajar yang sia-sia. Anda juga tidak perlu lagi bingung mencari cara agar kuota belajar bisa digunakan untuk membuka semua website. 

Bantuan kuota internet pada tahun 2021 juga bisa digunakan untuk membuka atau mengkases Youtube, karena berbagai macam video pembelajaran tersedia di youtube.

Selain itu melalui youtube juga sering digunakan untuk menyiarkan live pembelajaran, sehingga tentunya dengan adanya batuan kuota internet tahun 2021 ini akan sangat membantu Guru dan Peserta Dididik dalam melakukan pembelajaran secara online.

Dengan demikian Guru bisa lebih bereksplorasi mengembangan media pembelajaran online yang juga banyak sekali plafrom yang beranegara ragam yang mempunyai fitur-fitur tersendiri. Pada postingan sebelumnya saya juga telah menulis beberapa tutorial tentang media yang dapat digunakakan untuk pembelajaran jarak jauh. Seperti LMS Moodle, Googgle Sites, WhatsApp, Telegram, dll. 

Namun Ibu Bapak Guru juga perlu melakukan pemetaan agar aplikasi pembelajaran yang dipilih dan digunakan dapat berjalan dengan efisien, lihat postingan saya sebelumnya: KIAT HOME LEARNING YANG EFEKTIF

3. Juknis Penyaluran Bantuan Paket Kuota Internet Tahun 2021.

Dasar hukum maupun juknis Bantuan Kuota Internet Tahun 2020 ada pada Peraturan Seketeratis Jenderal (Persesjen) Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021.

Juknis Bantuan Kuota Internet Tahun 2021


4. Persyaratan Penerima Bantuan Kuota Internet.

Penerima Bantuan paket kuota data internet harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

pesyaratan bantuan kuota internet 2021
  • 1. Terdaftar dan berstatus aktif di aplikasi Dapodik / PD Dikti
  • 2. Memiliki Nomor Aktif.
  • 3. Untuk mahasiswa memliliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan
  • 4. Untuk Dosen memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP); 


5. Jadwal Pemberian Bantuan Kuota Internet Tahun 2021

jadwal pemberiian kuota internet

Penyaluran Bantuan paket kuota data internet dilakukan selama 3 (tiga) bulan dari bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2021 dengan jadwal sebagai berikut:

  • a. bulan pertama pada tanggal 11 sampai dengan 15 Maret 2021;
  • b. bulan kedua pada tanggal 11 sampai dengan 15 April 2021; dan
  • c. bulan ketiga pada tanggal 11 sampai dengan 15 Mei 2021.

Bantuan paket kuota data internet memiliki masa berlaku 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak paket kuota data internet diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Setiap nomor ponsel penerima Bantuan dapat menerima paling banyak 3 (tiga) Bantuan paket kuota data internet dengan ID penerima Bantuan yang berbeda.

6. Bantuan Kuota Internet bisa Hangus

Sisa kuota paket data internet yang tidak terpakai setiap bulannya akan hangus atau tidak bersifat kumulatif untuk bulan selanjutnya. 

Selain itu bagi nomor ponsel yang penggunaan kuotanya diatas 0 (nol) byte dan dibawah 1 (satu) Giga Bytes (GB), maka Bantuan paket kuota data internet untuk nomor ponsel tersebut dihentikan pada bulan ketiga,


Nah itulah penjelasan tentang Bantuan Kuota Internet Kemdikbud yang dapat digunakan untuk akses ALL atau semua aplikasi selama bulan Maret, April, dan Mei Tahun 2021.

Semoga bantuan kuota ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ataupun proses belajar mengajar secara elearning, daring atau onlineLihat juga:  👉   Cara Mendapatkan Akun belajar.id

Sumber: https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

Posting Komentar untuk " BANTUAN KUOTA INTERNET KEMDIKBUD ALL APLIKASI TAHUN 2021"