Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Instal Aplikasi Perpustakaan SLiMS Offline

Pada postingan kali ini saya akan berbagi tutorial cara Instal Aplikasi Perpustakaan SLiMS Offline. SLiMS adalah sebuah aplikasi perpustakaan canggih dan gratis yang bisa digunakan oleh sekolah maupun organisasi atau lembaga lainnya. Penggunaan aplikasi perpustakaan ini juga sangat mudah, selain bisa online aplikasi ini juga bisa offline. Yang menarik untuk menginstallnya juga gak ribet, pengembang aplikasi sudah menyedikan installernya cukup di "next-next" saja Anda sudah bisa menginstall  di laptop sendiri.

Cara Instal Aplikasi Perpustakaan SLiMS Offline
Cara Instal Aplikasi Perpustakaan SLiMS Offline

Bagi Anda  yang ingin tahu lebih apa itu aplikasi perpustakaan SLiMS silahkan baca postingan saya sebelumnya: SLIMS Aplikasi Perpustakaan Sekolah Gratis dan Canggih

Adapun cara mudah dan cepat install aplikasi pertupsatkaan  SLiMS offline adalah sebagai berikut:

1. Download dahulu aplikasinya di alamat https://slims.web.id/web/  Karena kita akan menginstal aplikasi untuk digunakan secara offline dan mudah, pilih yang versi "MS Windows portable x64 (64-bit)" 

Download Aplikasi Perpus SliMS offline

2. Setelah selesai mendownload, simpan file hasil downloadan tadi "pslims9-amd64-Update20201113.zip" di folder atau Local Disc sesuai selera Anda, atur sedemikian rupa agar rapi. Saya lebih suka meletakannya di Local Disk (D:)

3. Kemudian ekstrak file hasil downloadan tadi "pslims9-amd64-Update20201113.zip" dengan cara klik kanan --- ekstrak here. Tunggu beberapa saat hingga proses ini selesai.

ekstrak aplikasi slims offline

4. Selanjutnya buka folder "amd64" jalankan file "httpd.bat" jika muncul windows protect, pilih "more" - "run anyway"

httpd perpus slims

5. Jika muncul Windows Firewall has blocked Apache HTTP Server, silahkan pilh "Allow access" 

allow access slims

7. Selelah itu buka file atau jalankan juga file "mariadb.bat" jika muncul Windows smartcreen, pilih "Run Anyway"

mariadb perpustakaan slims

8. Jika muncul firewall blocked mysqld pilih "Allow Access"

mysqld perpus slims
mysqld perpus slims


9. Setelah kedua file .bat tadi dijalankan kita lanjut untuk membuka webbrowser dengan mengetikan http://localhost:8089/ dan aplikasi perpustakaan SLiMS siap digunakan. 

localhost slims perpus
localhost slims perpus


10. Agar lebih mudah dalam penggunaan aplikasi perpustakaan SLiMS ini, ubah ke dalam pengaturan Bahasa Indonesia.

ubah bahasa Indonesia perpustakaan slims

11. Untuk login sebagai admin, silahkan buka alamat http://localhost:8089/bulian/index.php?p=login  username: admin passwordnya: admin

login admin perpustkaan slims

12. Aplikasi ini siap digunakan, silahkan bereksporasi dengan kelengkpan fitur yang ada pada aplikasi perpustakaan SLIMS offline ini.

fitur aplikasi perpustakaan slims lengkap

13. Aplikasi ini memang digunakan secara offline, namun karena berbasis web aplikasi ini dapat dibuka di laptop atau komputer lain menggunakan jaringan Wiifi ataupun LAN, untuk caranya juga cukup mudah seperti : Cara Membuka Dapodik di Laptop Lain

14. Setelah selesai menggunakan aplikasi ini ada baiknya juga mematikan layanan aplikasi ini, dengan cara tekan tombol CTRTL + C. Kemudian akan muncul Terminate batch job (Y/N)? ketikan Y lalu tekan enter. 

mematikan aplikasi perpus slims

mematikan perpustakaan slims

Lihat juga bagaimana cara mudah instal aplikasi perpustakaan SLiMS Online di layanan web hosting melalui video ini:


Itulah Toturial Cara mudah Instal Aplikasi Perpustakaan SLiMS Offline yang semoga dapat membantu mempermudah mengelola perpustakaan sekolah.  Perpustakaan sekolah adalah aset yang sangat potensial guna menumbuhkan budaya literasi. Apabila dikelola secara baik dan menarik tentunya akan banyak yang berkunjung ke perpustakaan sekolah.

Sekian postingan ini semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk " Cara Mudah Instal Aplikasi Perpustakaan SLiMS Offline"