DOWNLOAD DAN CARA INSTAL DAPODIK VERSI 2021 C UNTUK OPERATOR BARU

Daftar Isi

Pada postingan kali ini saya akan share bagaimana cara install Aplikasi Dapodik Versi 2021.c mulai dari persiapan, proses instalasi, dan registrasi. Panduan ini bersumber dari buku manual yang saya ringkaskan untuk teman-teman operator sekolah. 

download install aplikasi dapodik 2021c
Download install aplikasi dapodik 2021c

Bagi teman operator yang sudah terbiasa pastilah tidak merasa kesulitan dalam megerjakan aplikasi atau update dapodik versi 2021.C. Namun bila mana Anda operator baru, jangan khawatir karena pengerjaan dapodik ini tidaklah sulit, hanya saja perlu ketelitian dan sumber data yang lengkap.

Dapodik pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2021.c. 

Update yang paling menonjol Dapodik versi 2021.c di antaranya penutupan fitur penambahan GTK di SILN, sekolah di bawah naungan Kemenag dan sekolah di wilayah khusus, pelepasan validasi lokal terkait pengecekan inputan NIK untuk peserta didik, penutupan fitur tambah peserta didik baru untuk jenjang PKBM dan SKB, penambahan variabel pernah PAUD, hobi dan cita-cita pada form registrasi peserta didik serta perbaikan-perbaikan lainnya


A. PERSIAPAN INSTALASI APLIKASI DAPODIK

1) SPESIFIKASI KOMPUTER

Spesifikasi komputer yang direkomendasikan, yaitu:

  • a) prosesor Intel Core i3 atau yang setara;
  • b) memori standar 4GB DDR3;
  • c) hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;
  • d) sistem operasi Windows 10;
  • e) aplikasi terpasang peramban web seperti google chrome, mozilla firefox,atau opera.

Pejari lebih: Spesifikasi Minimal Laptop untuk Install Dapodik


2) KODE REGISTRASI DAN AKUN OPERATOR

Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodik versi 2021.c, pastikan Anda sudah memiliki kode registrasi (KOREG) dan akun Username dan Password. Kode registrasi diperoleh melalui Admin Dinas Pendidikan. Jika Anda operator baru, maka bisa menyanyakan pada operator sebelumnya.


3) DOWNLOAD APLIKASI DAPODIK

Aplikasi Dapodik Versi 2021.c saat ini tersedia dalam bentuk file installer.

  • a) buka laman https://dapo.kemdikbud.go.id
  • b) klik menu Unduhan
  • c) klik Unduh

Jika Anda kesulitan mendownload dapodik melalui webisite resminya, sudah kami sediakan link alternatifnya dibagian bawah artikel ini. 


4) GENERATE PREFILL APLIKASI DAPODIK

Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file .prf). Yang perlu Anda ketahui tentang generate prefill dapodik yaitu:

  • a) generate prefill yaitu tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline.
  • b) data sekolah yang diambil merupakan hasil sinkronisasi terakhir.
  • c) Masukkan username, password dan kode registrasi sesuai di Aplikasi Dapodik.
  • d) jika ada penggantian petugas pendataan di sekolah kode registrasi, username dan password dapat diganti oleh Admin Dapodik di Dinas Pendidikan.
  • e) registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus terhubung internet (online).
  • f) jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prefill yang lama (kadaluarsa). Jika ingin pindah ke komputer lain, lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang" untuk mencegah duplikasi data.

Cara generate prefil dapodik

a) buka laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan

b) pilih menu “DATA PREFILL”

c) pilih salah satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia dan disesuaikan dengan kode mapping prefill masing-masing provinsi yang sudah tersedia. Pilih link yang dirasa tidak sibuk, biasanya bagian tengah.

d) masukkan username, password, dan kode registrasi.

generate prefil dapodik 2021c


e) tunggu beberapa saat hingga prefill dapodik siap didownload

download prefill dapodik

f) pastikan ukuran prefill dapodik lebih dari 1MB. Serta nama prefill tidak ada imbuhannya (1) (2) (3) dst. Silahkan pilih salah satu, dan hapus nomor tersebut. Ini karena kalau mendownload berulang akan otomatis ada akhirannya. Jika nama prefill ada imbuhanya maka proses registrasi dapodik akan gagal, prefil tidak ditemukan.

ukuran prefill dapodik



5) PENGATURAN WAKTU PADA KOMPUTER

Anda perlu mengatur tanggal dan jam pada laptop / komputer sesuai waktu sebenarnya, ikuti langkah-langkah berikut:

a) pada menu pencarian Windows, ketik kata kunci “Date & time settings”, lalu klik Open.


b) Tampil menu date and time settings, lalu klik “Change” dan sesuaikan dengan waktu saat ini, atau dengan cara menyalakan fitur “Set time automatically” dan “Set time zone automatically” agar lebih akurat.

c) Selanjutnya, pastikan zona waktu yang dipilih sesuai dengan wilayah setempat. Contoh untuk pengisian zona waktu Waktu Indonesia Barat (WIB) pilih zona waktu (UTC+07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta).


6) UNINSTAL APLIKASI DAPODIK VERSI SEBELUMNYA

Karena aplikasi dapodik versi 2021c berbentu installer, maka Anda perlu menghapus atau uninstall aplikasi versi sebelumnya langkahnya sebagai berikut.

a) Buka menu start windows, kemudian pilih menu "Seting"

b) Apps


c) Cari aplikasi dapodik, dan klik "Uninstall" untuk menghapus aplikasi dapodik versi lama.

hapus dapodik versi lama

B. CARA INSTALASI APLIKASI DAPODIK VERSI 2021 C

Untuk instal aplikasi dapodik versi 2021c tidaklah sulit, hanya dinext-next saja, namun ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan.

1) INSTALASI MENGGUNAKAN INSTALLER

a) Siapkan file installer yang sudah diunduh sebelumnya. Sangat disarankan untuk menutup program lain yang masih terbuka sebelum melakukan instalasi. Hal ini bertujuan agar proses installasi berlangsung lebih cepat.

installer dapodik 2021c


b) Klik ganda file installer, jika muncul peringatan keamanan, pilih Yes atau untuk komputer dengan sistem operasi Windows versi tertentu,klik Run Anyway.  Selanjutnya akan ditampilkan jendela instalasi Dapodik. Klik lanjut

install dapodik 2021c


c) Lamanya prosess installasi bergantung pada spesifikasi laptop yang digunakan.

proses install dapodik 2021c

d) Untuk mengakhiri proses pemasangan Aplikasi Dapodik, klik “Selesai”. Namun jangan langsung di klik selesai, tunggu beberapa saat karena terkadang service dapodik belum berjalan dengan baik, khususnya untuk laptop dengan spesifikasi minimalis, ini pengalama saya.




2) MEMBERSIHKAN CACHE SETELAH MELAKUKAN INSTALASI APLIKASI

Setelah selesai melakukan instalasi, pastikan untuk selalu membersihkan cache pada peramban atau webbroeser sebelum menggunakan Aplikasi Dapodik versi 2021.c.

Berikut ini langkah-langkah membersihkan cache pada peramban web Google Chrome ataupun Microsoft Edge:

a) Di komputer, buka Aplikasi Google Chrome / Microsft Edge, lalu klik Lainnya (Others) yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi


b) Klik Fitur lainnya (More Tools) Hapus data browsing (Clear Browsing Data).


c) Di bagian atas, pilih rentang waktu (Time Range). Untuk menghapus semua, pilih Semua (All Time).


d) Di samping "Cookie dan data situs lainnya" (Cookies and other site data) dan "Gambar dan file dalam cache" (Cached images and files), centang kotaknya. Klik Hapus data (Clear Data) untuk menyelesaikan.

e) Catatan: untuk peramban web lain seperti Safari, Firefox, atau browser lain, periksa petunjuk di situs dukungannya


3) REGISTRASI DAPODIK 2020C

Setelah Anda berhasil menginstall aplikasi dapodik 2020c selanjutnya Anda harus meregistrasinya. Ada 2 metode registrasi yaitu online dan offline. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika registrasi dapodik 2020c.

a) Jika koneksi internet Anda lancar, maka gunakan registrasi secara online.

registrasi dapodik 2021c

b) Namun apabila koneksi internet Anda tidak lancar, gunakan metode offline.

c) Untuk registrasi offline, sebelum registrai jangan lupa untuk mengcopy atau meletakan file prefill dapodik di folder. Yang berada pada Local Disk (C) > prefil_dapodik

Folder prefill dapodik



D) DOWNLOAD APLIKASI DAPODIK 2021C

Berikut ini link alternatif download aplikasi dapodik versi 2021C via google drive.

Dapodik_2021.c.exe ( download )

Panduan Aplikasi Dapodik versi 2021.c.pdf ( download )


E) PENUTUP

Demikianlah tentang  DOWNLOAD DAN CARA INSTAL DAPODIK VERSI 2021 C UNTUK OPERATOR BARU yang bisa saya sampaikan. 

Jika Anda operator baru, maka kami sarankan untuk bergabung di grup-grup operator dapodik.

Selanjutnya:     CARA MUDAH UPDATE DAPODIK VERSI 2021 D SERTA PEMBAHASANNYA  (Update 12 Februari 2021 )

Tetap semangat, salam satu data dapodik.


Sumber: Buku Panduan Dapodik 2021c dengan penambahan dan pengurangan seperlunya

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar