Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sertifikat Siswa Naik Kelas Menggunakan Canva

Bagi guru, pendidik maupun tenaga administrasi sekolah, kemampuan desain grafis seperti cara membuat sertifikat siswa naik kelas menjadi nilai lebih jika dimiliki. Guna mempermudah proses pembuatan, Anda bisa menggunakan platform desain Canva yang mudah dan gratis.

Sertifikat adalah dokumen resmi yang ditandatangani oleh individu atau lembaga sebagai bentuk legalisir pencapaian. Contohnya, sertifikat siswa naik kelas diberikan pada sang murid/siswa yang menandakan bahwa dirinya telah mencapai tahap tertentu di sekolah.

Tak hanya bentuk cetak fisik, sertifikat juga bisa dibuat dalam bentuk digital. Masa-masa pandemi corona seperti sekarang, menuntut tanggung jawab guru untuk mengasah kreativitasnya lewat cara membuat sertifikat siswa naik kelas yang bersifat digital. Mengapa harus menggunakan Canva?

buat sertifikat naik kelas canva
tampilan canva


Sebagai platform desain yang tepercaya buat berbagai macam keperluan, Canva turut menghadirkan pembuat sertifikat yang dapat diakses dengan mudah oleh siapapun. Ingin tahu cara membuat sertifikat naik kelas menggunakan Canva? Simak di bawah ini!

Cara Membuat Sertifikat Siswa Naik Kelas di Canva

1. Buat Akun Canva

Pertama, Anda harus mengakses www.canva.com dan mendaftarkan diri sebagai pengguna. Caranya mudah, cukup ikuti petunjuk dalam laman tersebut dan siapkan akun e-mail aktif untuk verifikasi. Lengkapi isian identitas diri yang turut tertera di sana.

Jika sudah pernah membuat akun Canva, Anda cukup login untuk masuk kembali dengan mengisi e-mail serta password. Setelah tuntas, mulailah masuk ke laman pembuat sertifikat.

2. Memilih Template Sertifikat

Tahap selanjutnya adalah memilih template sertifikat. Para desainer di Canva telah berkolaborasi menciptakan rekomendasi template yang Anda inginkan. Terdapat banyak sekali pilihan di dalamnya, sehingga Anda bebas memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi.

template sertifikat canva

Ratusan template dalam pembuat sertifikat Canva terdiri dari berbagai macam jenis. Selain sertifikat naik kelas, ada pula sertifikat penghargaan, prestasi lomba, akademik, dan lain-lain. Sudah menemukan template yang sesuai? Lanjutkan ke tahap berikutnya, yakni pengeditan.


3. Proses Pengeditan Sertifikat

Setelah menemukan template sertifikat yang paling cocok, kini saatnya membubuhi elemen, edit teks, tambah filter, dan proses pengeditan lainnya untuk mempercantik hasil desain. Jika ingin menambahkan gambar khusus sebagai latar belakang, Canva menyimpan banyak sekali stok!

edit sertifikat canva

Alat bantu desain Canva yang tersedia, amat mudah digunakan dan dibuat khusus untuk mempermudah proses Anda dalam membuat sertifikat bagi siswa. Butuh elemen atau gambar? Cukup cari, lalu tarik dan lepas ke desain. Bagaimana dengan teks?

Anda dapat melakukan modifikasi yang menarik dengan memilih berbagai jenis font, ukuran, dan sebagainya. Bisa juga membuat kombinasi teks yang memukau menggunakan text holder Canva, lalu menyesuaikan warna setiap elemen agar tetap seimbang. Mudah sekali!


4. Simpan, Cetak, dan Bagikan

Hasil sertifikat yang Anda buat, bisa disimpan terlebih dahulu jika masih ragu. Tanyakan pada rekan guru serta kepala sekolah lain untuk menyesuaikan atau saran apakah format sertifikat sudah sesuai. Sambil menunggu proses, Anda dapat menyimpan desain dalam drive penyimpanan Canva atau mengunggah dalam format (.PDF).



Jika sudah puas dengan hasilnya, cetak sertifikat dengan resolusi yang telah disesuaikan. Sampai sini, sertifikat sudah jadi dan dapat dibagikan pada siswa sekolah! Selain dicetak, Anda dapat membagikan di media sosial untuk menunjukkan pada khalayak luas.

Itulah proses dan cara membuat sertifikat siswa naik kelas yang bisa dilakukan secara mudah oleh guru menggunakan Canva. Berbagai macam pilihan dan opsi membuat desain, kini lebih praktis, termasuk keperluan akademik seperti sertifikat. Selamat mencoba!


Sumber referensi: https://www.canva.com/id_id/membuat/sertifikat/

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Sertifikat Siswa Naik Kelas Menggunakan Canva"