Cara Lengkap Instal dan Update Versi E-Rapor SD

Daftar Isi

Pada postingan kali ini saya akan buatkan tutorial cara lengkap instal dan update vesri E-Rapor SD untuk Bapak/Ibu Guru yang belum pernah menggunakan aplikasi ini (pemula). Aplikasi E-Rapor SD sangat disarankan penggunaanya bagi sekolah, ini ditandai dengan link download aplikasi yang sudah dimasukan di webiste resmi Direktorat Sekolah Dasar serta diadakan juga Webinar secara Nasional yang pesertanya begitu antusias.

Penggunaan E-Rapor SD diperkuat dengan surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tanggal 14 November 2019 nomor 2372/D2/TU/2019 perihal penggunaan aplikasi e-Rapor SD

Cara Instal dan Upadate Versi E-Rapor SD
Aplikasi e-Rapor SD

Di jenjang SMP dan SMA, aplikasi E-Rapor Berbasis Web juga sudah lama dan banyak digunakan, namun tak dipungkiri menang untuk E-Rapor jenjang SD termasuk hal yang masih baru dan belum banyak yang menggunakan.

Adapan cara instal dan update sebetulnya cukup mudah dilakukan. Ada 2 tahapan untuk bisa menggunakan Aplikasi E-Rapor SD Versi terbaru yaitu dengan instal Fresh Installer E-Rapor SD kemudian lanjut instal updaternya.


A. Instal Fresh Installer E-Rapor SD

1. Silahkan download terlebih dahulu file Fresh Installer E-Rapor SD V.1.0 ( unduh )

2.  Setelah terunduh, klik kanan file "e-RaporSD V 1.0" --- pilih "Run As Administrator" 

erapor sd v 1.0

3. Kemudian akan tampil kotak Selamat datang di installasi eRaporSD. Program ini akan memasang eRaporSd versi 1.0 di komputer Anda. Disarankan untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan untuk melanjutkan. Klik lanjut untuk melanjutkan, atau Batal untuk keluar dari installasi. Silahkan pilih "Lanjut"

installasi eRaporSD


4. Perjanjian persetujuan. Harap baca perjanjian persetujuan ini. Anda harus menyetujui peraturan dari perjanjuan aplikasi ini sebelum melanjutkan.

===================

Aplikasi e-Rapor SD

===================

Aplikasi e-Rapor SD Direktorat Pembinaan SD, Ditjen Dikdasmen  adalah aplikasi yang dibuat oleh Tim Pengembang e-Rapor MA Dit. PSMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (yang selanjutnya disebut Kemdikbud) untuk Mengolah Data Penilaian Pendidikan Sekolah Dasar di Indonesia. 

Kemdikbud menghormati semua undang-undang hak cipta dan ketentuan yang berlaku untuk pembuatan, pengembangan serta distribusi dan perangkat lunak. Kemdikbud memberikan hak kepada pengguna perangkat lunak dalam hal ini Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota, Dinas Pendidikan Provinsi untuk menggunakan dan menyebarkan perangkat lunak ini di wilayahnya untuk kepentingan Pendataan Pendidikan  dan Pengolahan Nilai Rapor SD. 

Dilarang keras memanfaatkan perangkat lunak ini untuk keperluan komersial. 

Penggunaan perangkat lunak ini dilindungi undang-undang. 

Dengan menginput data dan mengirimkan data melalui perangkat lunak ini berarti anda telah sepakat untuk mengirimkan data sebenar-benarnya tanpa ada rekayasa. 

Segala pelanggaran hukum terkait data dapat mengakibatkan sanksi pidana sesuai undang-undang yang berlaku. 

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Direktorat Pembinaan SD, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.

Versi Aplikasi: V.1.0

Direktorat Pembinaan SD Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Tim Pengembang © 2017

Anda pilih "Saya Setuju" dan "Lanjut"

persetujuan eRaporSD


5. Jika Anda siap untuk melanjutkan pemasangan, klik "lanjut".

===================

Aplikasi e-Rapor SD

===================

e-Rapor SD adalah aplikasi/perangkat lunak berbasis web yang berfungsi  untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD)

Aplikasi e-Rapor SD dikembangkan dengan mengacu pada kaidah-kaidah  sistem penilaian pada Sekolah Dasar (SD) yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (Dit. PSD)  dan dapat diimplementasikan pada satuan pendidikan pelaksana Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

Secara teknis Aplikasi e-Rapor SD didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Setditjen Dikdasmen). Pada saat ini telah dirilis Aplikasi e-Rapor SD versi 2018 yang dapat terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik versi terbaru. 

Aplikasi e-Rapor SD akan terus dikembangkan dan dilakukan penyesuian sejalan dengan perkembangan Aplikasi Dapodik. Aplikasi e-Rapor SD dikembangkan oleh Tim Pengembang eRapor SD.

Aplikasi ini tentu masih jauh dari sempurna. Untuk itu, demi kesempurnaan aplikasi ini, Masukkan dari stakeholder sangat kami perlukan. 

Jika ada masukan terkait aplikasi ini, silahkan menghubungi kami melalui kontak tim pengembang atau tim suport sebagaimana ditampilkan dalam aplikasi ini.

Versi Aplikasi: V.1.0

tim pengembang

## Dilarang memodifikasi dan memperjual-belikan aplikasi ini tanpa seijin Pengembang ##

@2017

lanjut install erapor

6.  Pilih Folder Start Menu, "Lanjut"

start menu eraporsd

7. Klik "Pasang" untuk melanjutkan pemasangan/install

pasang erapor sd

8. Tunggu proeses installasi erapor berjalan, lama tidaknya proses ini berbantung pada spesifikasi komputer atau laptop yang yang Anda gunakan. 

proses instal erapor


9.  Silahkan klik "Lanjut" lagi

===================

Aplikasi e-Rapor SD

===================

Untuk meng-uninstall, masuk ke Control Panel > Add/Remove Programs.Mohon diperhatikan bahwa SELURUH DATA ERAPOR YANG TERSIMPAN AKAN DIHAPUS jika aplikasi di-uninstall, Jika data sudah terisi, lakukan backup data terlebih dahulu sebelum menghapus / meng-uninstall aplikasi.

Jangan sesekali uninstall Aplikasi jika Tidak ingin data terhapus. Jika Muncul Updater, segera lakukan Update tanpa harus menghapus aplikasi lama.

ttd

Pengembang Aplikasi

2017


10. Pilih "Selesai" 

Mengakhiri pemasangan eRaporSD.

Berhasil memasang eRapor SD si komputer Anda. Aplikasi tersebut dapat di jalankan dengan memilih icon yang terpasang. 

selesai instal erapor

11. Anda dapat membuka Erapor melalui icon menu yang muncul di dekstop, atau bisa langsung ketikaan link URL di web browser favofit Anda http://localhost:2689/ atau bisa juga http://localhost:2050/

icon erapor sd



B. Cara Update E-Rapor SD

Untuk bisa menggunakan versi terbaru E-Rapor SD, Anda tidak perlu menginstal ulang. Cukup jalankan file Updater E-Rapor SD yang dibuatkan oleh pihak pengembang. 

1. Download terlebih dahulu file Updater E-Rapor SD. Updater e-RaporSD V 1.0 to V 1.1 ( unduh )

2. Jalankan file Updater e-RaporSD V 1.0 to V 1.1 dengan cara klik kanan "Run As Administrator"

run updater erapor sd

3. Setelah muncul jendala konfirmasi installasi updater erapor, pilih "Lanjut"

updater erapor sd

4. Silahkan klik "Lanjut" sampai proses update erapor selesai. Setelah selesai aplikasi erapor terbaru siap digunakan.


C. Ganti Tahun Pelajaran E-Rapor SD

Jika Anda baru pertama kali instal E Rapor SD dan akan menggunakanya untuk tahun pelajaran 2020 / 2021 semester 1, ternyata pilihan loginnya tidak dapat diganti atau belum muncul.

Untuk mengatasi hal tersebut berikut ini langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi E-Erapor SD

2. Silahkan login sebagai Admin, username: admin passwordnya: admin12346 pilih tahun pelajaran 2019/2020 ganjil

erapor sd 2019 2020 ganjil

3. Lakukan tarik data dapodik, pilih menu "Ambil Data Dapodik" 

ambil data dapodik erapor

4. Pilih pada tombol "Sinkron Semua Data" dan tunggu hingga proses tarik data selesai. Lama tidaknya proses ini bergantung pada spesifikasi komputer/laptop dan banyaknya data dapodik. Proses terlama bisanya pada saat mengambil data siswa.

sinkron semua data erapor sd

5. Langkah selanjutnya Logut E-Rapor "KELUAR APLIKASI" dan silahkan login lagi, login tahun pelajaran 2020/2021 semester ganjil telah muncul.

erapor sd 2020 20201 ganjil
Untuk Mengubah atau Mengupdate Erapor Semester 2 (Genap) Tahun Pelajaran 2020/2021 caranya juga sama, cukup lakukan tariki dengan Dapodik Localhost Versi Terbaru

D. Penutup

Demikian tentang Cara Lengkap Instal dan Upadate Versi E-Rapor SD yang bisa saya bagikan untuk pemula, semoga membantu untuk Bapak/Ibu Guru ataupun Operator Sekolah. Jika ada pertanyaan terkait E-Rapor SD ini silahkan jangan sungkan untuk menyampaikanya di kolom kotak komentar.

Terima kasih telah mengunjungi blog ini, yang berusaha untuk memposting tentang penggunaan E-Rapor SD secara lengkap. Kami merasa senang dan semangat update jika artikel ini dishare agar lebih berguna. 

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar