Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Aplikasi Poluler Edit Video Untuk Guru

3 Aplikasi Poluler Edit Video Untuk Guru - Disaat ini membuat video pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Video pembelajaran dibutuhkan bagi sekolah yang melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Seorang guru haruslah memenuhi keterampilan dalam melakukan pembelajaran metode jarak jauh ini. Salah satunya adalah dengan menyediakan materi video pembelajaran yang menarik dan juga dapat memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar dirumah.

3 APLIKASI EDIT VIDEO


Jika sekolah mengembangkan website elearning maka video pembelajaran merupakan content yang sangat bagus dan penting. Video pembelajaran dapat digunakan secara berulang, jadi Bapak/Ibu guru cukup membuat satu kali video dan dapat digunakan untuk tahun pelajaran yang akan datang. Bahkan video pembelajaran yang Bapak/Ibu Guru buat masih akan berguna ketika Anda sudah pensiun.

Untuk membuat video pembelajaran yang bagus dan juga menarik, diperlukan kemampuan melakukan editing video. Guru pasti bisa melakukan ini, walaupun pemula tapi semua bisa dipelajari dengan cepat dan mudah. Berikut ini akan dijelaskan 3 aplikasi edit video untuk Guru yang cocok untuk pemula.

1. Kinemaster 

Kinemaster dibuat oleh NexStreaming. Kebanyakan  orang yang menggunakannya adalah untuk mengedit video dan menguploadnya ke YouTube. Aplikasi KineMaster adalah aplikasi editor untuk HP Smartphone mempunyai tampilan yang mudah dan gampang dipakai dan mempunyai fitur-fitur yang mirip dengan editor pada komputer. Sehingga, banyak pengguna yang menyukainya. 

Setelah mengenal dan mempelajari aplikasi ini, edit video pembelajaran yang dilakukannya menjadi lebih mudah dan menarik. Aplikasi ini termasuk dalam 3 Aplikasi Edit Video Untuk Guru yang populer dan mudah dipelajari.

Dalam melakukan editing video, yang paling penting adalah untuk mempersiapkan semua materinya agar editing video berjalan dengan dengan efektif dan efisien. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk edit video di Kinemaster :

1. Siapkankanlah semua materi yang akan dibuat menjadi videonya. Tetapkan tujuan dan temanya jelas. Cara mudah Anda bisa mengambil pada buku paket tematik dan dapat mengcopy paste gambar yang ada pada buku.

2. Tulislah  script. Hal ini penting untuk mempermudah ketika pengambilan video.

3. Buatlah video yang original. Bapak/ibu guru bisa gunakan latar green screen yang memiliki fungsi untuk mengubah latar belakang video.

4. Siapkan pula properti pendukung didalam video. Misalnya: pada saat membuat materi matematika bangun ruang, diperlukan property seperti bola, balok, kubus.

5. Buatlah judul yang menarik dan sesuai dengan pembelajaran yang biasa dilakukan di kelas.

6. Kemudian buka Kinemaster dan lakukan editing video.



Aplikasi kine master dapat Anda download di playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nexstreaming.app.kinemasterfree

2. Filmora

Aplikasi ini merupakan aplikasi edit video PC/Laptop yang ringan dan mudah dipelajari. "Wondershare Filmora" memiliki 2 versi yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya yakni versi biasa yang sudah sampai generasi ke 9 dan versi Pro bagi yang memerlukan fitur dan kontrol lebih canggih. 

Kedua versi tersebut bisa Bapak/Ibu Guru dapatkan secara gratis serta berbayar jika kamu memerlukan akses dan fitur yang lebih lanjut/versi pro. Aplikasi ini termasuk dalam 3 Aplikasi Edit Video Untuk Guruyang mudah dipelajari.

Berikut ini akan diulas alasan dan kelebihan  yang dimiliki aplikasi ini, sehingga bisa bapak /ibu guru gurnakan dalam membuat video pembelajaran.

1. Mempunyai tampilan dan fitur sesuai kebutuhanmu

Filmora ini memiliki berbagai versi yang memiliki fitur dan tampilan yang berbeda-beda berdasarkan level canggihnya, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bapak/Ibu Guru dalam membuat video. 

2. Tampilan sederhana, berbagai tool mudah dikenali

Filmora tampilannya sangat sederhana dengan berbagai tools  yang mudah dikenali sehingga Bapak/Ibu guru lebih mudah dalam mengedit video. Bapak/ibu guru dapat melakukan kustomisasi pada layar preview  maupun timeline sesuai dengan keinginan.

3. Ringan, gak bakalan mudah crash

Aplikasi edit video Filmora ini sangat ringan dan mempunyai spesifikasi rendah. Komputer PC/Laptop yang bapak/ibu guru gunakan minimal menggunakan OS Windows 7. Terkadang terjadi crash, hal ini karena spesifikasi laptop sudah cukup tinggi namun menjadi berat karena sudah banyak aplikasi yang terinstal di laptop, proses export  video juga relatif menjadi agak lambat sesuai dengan resolusi video yang dihasilkan. 

4. Semua fitur dapat kamu akses secara gratis

Fitur di aplikasi ini gratis tanpa harus membayar sepeser pun. Namun tercantum watermark yang cukup kelihatan diakhir video. Jika bapak/ibu guru ingin menghapus tanda itu, diharuskan membayar ratusan ribu rupiah hingga jutaan tergantung pilihan yang diinginkan. Ada pilihan untuk opsi individu, bisnis dan pelajar filmora.wondershare.com

5. Tersedia berbagai plugin bawaan gratis yang keren

Selain semua fitur gratis. Filmora ini juga menyediakan berbagai plugin bawaan yang harus di download terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Selain itu Bapak/ibu guru masih bisa menambah koleksi dari situs Filmstock yang menyediakan berbagai paket plugin gratis yang juga menarik. Mulai dari sampel video, music, audio efek, teks hingga transisi bisa di dapatkan secara gratis filmstocks.com

6. Tersedia paket plugin berbayar dengan harga terjangkau

Bila bapak/ibu guru membutuhkan koleksi plugin lebih banyak dengan kualitas yang lebih bagus, maka bisa membeli di situs Filmstock dengan harga relatif cukup terjangkau

7. Hasil kualitas video bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan

Setelah mengedit video, bapak/ibu guru dapat melakukan export editanmu ke berbagai opsi yang tersedia, seperti format file, resolusi video, frame rate hingga bit rate. Selain itu bisa memilih kualitas video sesuai dengan perangkat atau media sosial yang diinginkan. Misalnya untuk smartphone, TV, Youtube, konsol game,  Vimeo, ipod dan smart TV.

8. Tersedia berbagai tutorial resmi dari Filmora secara gratis

Untuk memperoleh informasi terbaru maupun lama berbagai tutorial dalam mengedit video buatan bapak/ibu guru, seperti cara menggunakan efek tertentu, menambahkan transisi atau element hingga ke tingkat yang lebih lanjut seperti colour grading dan green screen dengan melihat subscribe di Youtube.



Download aplikasi edit video filmora di situs resminya: https://filmora.wondershare.net/


3. Camtasia 

Camtasia merupakan aplikasi perangkat lunak yang dapat membantu bapak/ibu guru membuat video yang tampak profesional. Sangat mudah digunakan, dan memiliki banyak fitur intuitif yang membuat produksi visual yang menakjubkan cepat dan mudah. Aplikasi ini termasuk dalam 3 Aplikasi Edit Video Untuk Guru yang mudah dipelajari.

Aplikasi Camtasia ini menyediakan pengguna dengan fitur-fitur yang bagus untuk membuat dan mengedit video terbaik. Dengan memiliki kemampuan untuk mengimpor audio dan video, semua media dapat dimasukkan ke dalam proses kreatif.

Hanya dengan drag-and-dropping berbagai ikon, bentuk, teks, atau klip, Bapak/Ibu Guru dapat mempunyai kendali kreatif penuh dalam proyek bapak/ibu guru. Terdapat fitur latar belakang animasi yang bisa digunakan, memungkinkan produksi video pelatihan, pendidikan, atau pemasaran. Icon dan animasi yang ada di aplikasi ini bebas royalti, sehingga bapak/ibu guru dapat mempunyai ketenangan pikiran yang berhubungan mengenai masalah hak cipta ketika mengunggah karya Anda ke Web.

Aplikasi termasuk dalam3 Aplikasi Edit Video Untuk Guru terbaik  yang mampu menghasilkan Video untuk berbagai Skenario. Untuk berbagai tujuan dalam membuat video, Camtasia sangat memudahkan Bapak/Ibu Guru untuk menarik perhatian para siswa. Aplikasi ini merupakan  paket pengeditan yang bagus dan intuitif yang gratis. Aplikasi  yang sangat berguna, yang dilengkapi dengan fitur-fitur hebat, untuk amatir, pemula dan juga pengguna tingkat lanjut.

Adapun kelebihan dan kekurangandari aplikasi Camtasia ini adalah sebagai berikut .

Kelebihan :

  • Antarmuka yang dirancang dengan baik
  • Kuat dan kaya fitur
  • Banyak pilihan format output
  • Mudah untuk diatasi

Kekurangan :

  • Pembayaran satu kali yang mahal
  • Beberapa pengetahuan kecil tentang mengedit mungkin berguna



Download aplikasi Camtasia di situs resminya: https://www.techsmith.com/video-editor.html

Akhir Kata

Demikianlah 3 Aplikasi Edit Video Untuk Guru yang bisa digunakan dengan mudah dan cepat untuk dipelajari. Sehingga bisa menghasilkan video pembelajaran yang membuat siswa semakin senang belajar dan lebih memahami materi yang disampaikan. 

Atau Anda sebagai youtuber? dengan video pembelajaran yang berkualitas akan membuat banyak subcribe di chanel Anda. 

Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk " 3 Aplikasi Poluler Edit Video Untuk Guru"