Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PMP Versi EDS 2020 Sulit Ditembus Bot

Salah satu cara cepat pengerjaan mengisi kuesioner PMP adalah dengan cara menggunakan bot. Namun ada hal yang berbeda pada PMP Versi EDS 2020 Covid-19 kali ini yang sulit ditembus oleh bot.

Nampaknya pengembang aplikasi PMP Versi EFS 2020 telah menambahkan keamanannya agar tidak bisa diakali atau agar pengisian PMP tidak bisa dicurangi. 

bot aplikasi pmp eds 2020

Hal ini tentulah sangat wajar, karena pada dasarnya pemerintah mengembangkan sistem informasi mutu pendidikan untuk mendukung proses pemetaan mutu pendidikan yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Pemetaan mutu pendidikan berdasarkan data dan informasi dalam sistem informasi mutu pendidikan dilakukan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dibantu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan sekolah.


Apa itu Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) ?

Proses terkait kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis data dan informasi tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan dari mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

Memberikan gambaran kepada berbagai pemangku kepentingan tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan

Mengapa Pemetaan Mutu Dilakukan?

Salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam menjalankan penjaminan mutu pendidikan baik secara internal maupun eksternal.

Menghasilkan peta mutu pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah, pemerintah daerah, dan pemerintah sebagai acuan dalam perencanaan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan sesuai kewenangan masing-masing.


Lalu Bagimana Operator Mempercepat Pengerjaan PMP dengan Bot?

Tentulah hal yang diharapkan oleh operator sekolah adalah pekerjaan entry data PMP cepat selesai, salah satu caranya adalah menggunakan  bot atau robot.

Banyak tutorial yang juga sudah menyediakan cara menggunakan bot PMP, sehingga dengan otomatis kuesioner EDS terisi dan cepat selesai. 

Bot yang dimaksud disini adalah software aplikasi perekam aktifitas klik mouse dan keyboard, baik itu berbentuk file aplikasi maupun bentuk add ons yang ada pada browser. Bahkan ada tangan kreatif dari seorang guru SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat bot khusus smart browser berbasis chromium untuk mempercepat pengerjaan PMP.


Cara Pengembang Aplikasi PMP 2020 Memasang Anti Bot

Ternyata pengembang aplikasi PMP telah mengubah tampilan kuesioner Versi EDS 2020, per pertanyaan. Jadi hanya menampilkan sertiap pertanyaan dan harus meload halaman berikutnya untuk pertanyaan selanjutnya.

Pengembang PMP menerangkan bahwa ini supaya tidak ada jawaban yang terlewatkan, namun ternyata ini juga dapat mengacaukan bot entry.

Kalau Anda menggunakan Software Mouse Keyboard recorder kan kacau kalau menunggu waktu load yang lamanya berbeda-beda.

bot pmp eds 2020

Seting tampilan per pertanyaan juga mengacaukan bot macro adds web browser, karena ID komponen halaman HTML juga berubah.

imacros pmp eds 2020

Wah cukup hebat juga kan pengembang aplikasi PMP? hehe


Percepat Entry PMP dengan Salin Database

Ada cara lain percepat entry PMP dengan langsung mengisi atau menyalin database. Namun cara ini juga rentan karena bisa terdeteksi juga.  Aplikasi untuk menyalin database kuesioner PMP dikenal dengan aplikasi "Faster PMP"

Untuk bisa menggunakan faster PMP, Anda harus menginstal software tambahan

Penggunan Faster PMP juga menyebabkan rentan error karena menginject langsung ke database, terlebih pengembang aplikasi menyeting database sangat sensitif, tersenggol sedikit dapat menyebabkan aplikasi pmp tidak dapat dibuka.


Cara Legal Entry PMP 2020 dengan Cepat

Lalu solusinya bagaimana biar cepat entry PMP EDS 2020?

...hmmm tenu menggunakan proserdur yang baik, berikut ini alternatif pengerjaan PMP cepat tanpa menggunakan bot.

Pertama, masing-masing guru mengerjakan sendiri dari HP masing-masing menggunakan offline surveys, nanti setelah selesai operator mengimpornya di laptop. Pelajari selengkapnya:  Cara Gampang Isi Kuesioner PMP EDS 2020 Offline dari HP

Kedua, Guru mengerjakan langsung melai laptop, Anda bisa menshare aplikasi PMP melaui jaringan wiifi maupun bisa dionlinekan melakui internet: 

Cara Membuka PMP Offline di Laptop Lain ( pelajari )

Cara Mengonlinekan PMP menggunakan ngrok ( pelajari )


Ketiga, cara mempercepat pengerjaan PMP adalah dengan bekerja sama dengan baik. Silahkan curahkan keluh kesah pengerjaan PMP kepada kepala Sekolah, karena Kepala Sekolah yang bertanggung jawab dan yang memili kekuatan untuk bisa mengkoordinasikan pengerjaan PMP.


Akhir Kata

Itulah ulasan tentang Aplikasi PMP Versi EDS 2020 yang sulit ditembus bot, dan bagaimana solusi cepat dan tepat pengerjaan PMP.

Semoga ulasan ini berguna, dan mohon kritik dan saran.

Salam budaya mutu, tetap semangat dan jaga kesehatan. Terima kasih

2 komentar untuk " PMP Versi EDS 2020 Sulit Ditembus Bot"

  1. PMP covid19 dionlinekan dengan ngrok.io cuma bisa samapai halaman login tapi tidak bisa masuk setelah di input user dan password, kenapa min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah kami coba menang untuk mengonlinekan pmp versi eds 2020 menggunakan ngrok, tidak bisa. Kemungkinan ini karena configurasi pada aplikasi itu sendiri yang tidak diseting agar bisa dionlinekan. Terima kasih.

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.