Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login sp.datadik

Pada postingan ini akan saya bahas bagaimana cara mengatasi tidak bisa login sp.datadik. Ketika login sp.datadik muncul keterangan "Gagal melakukan proses autentikasi, username dan password yang anda masukan tidak cocok.

Login sp.datadik tidak bisa
tidak bisa login sp.datadik


Seperti yang teman-teman ketahui, bahwa web sp.datadik.kemdibud.go.id adalah aplikasi manajemen sekolah. Login menggunakan akun operator sekolah, jika tidak bisa login tentunya akan sangat menghambat proses pengerjaan dapodik versi 2021.


Ada banyak penyebab tidak bisa atau gagal login web sp.datadik, namun saya tidak bisa menjelaskan secara detail, saya hanya akan bercerita pengalaman saya saja, dari kronologi sampai berhasil login kembali.


Harapannya teman-teman operator yang mengalami kasus serupa gagal login sp.datadik seperti saya dapat dengan mudah menemukan solusinya atau tidak galau. Karena saya sempat galau juga dan merasa dapodik versi 2021 semakin ribet.


Pada hari Rabu, 12 Agustus 2020 saya masih bisa login sp.datadik dan sempat juga untuk menarik PD dari TK. Selain itu saya juga melakukan sinkronisasi dengan harapan data NISN kelas 1 baru yang sudah muncul di verval pd dapat masuk ke aplikasi dapodik. Saat itu NISN belum berhasil masuk.


Kemudian pada hari Jumat, 14 Agustus saya mencoba untuk login sp.datadik dan saya kaget, gagal login. Kemudian saya coba lagi ketik ulang username dan password, soalnya sudah otomatis tersimpan, namun masih juga belum bisa login.


Setelah itu saya coba melakukan sinkronisasi, dan anehnya masih bisa dilakukan. Saya melakukan sinkron dapodik menggunakan langsung login sebagai kepala sekolah.


Namun ketika saya sinkron dapodik menggunakan fitur tukar pengguna, sinkron dapodik tidak bisa dilakukan muncul keterangan "Pengguna tidak aktif".

Akun pengguna tidak aktif


Padahal akun sebagai operator maupun sebagai kepala sekolah sudah terferifikasi.


Selanjutnya saya mencoba untuk melakukan generate prefill ternyata juga tidak bisa. Muncul keterangan "Data akun operator belum terdaftar silahkan menggubungi Dinas"

tidak bisa prefill


Wah sampai disini saya sebagai operator pusing, karena akun sso ini juga digunakan untuk laporan Dana BOS Online, kalau tidak bisa kan repot. 


Kemudian saya cari-cari solusi dan memperhatikan kasus-kasus di grup operator sekolah barang kali ada yang sama. Pada grup WA ternyata ada yang mengalami hal yang sama, jadi waktu itu saya agak sedikit berkurang kegalauan, karena intinya ini bukan kesalahan operator.


Pada hari Selasa, 19 Agustus 2020 saya memberanikan diri pergi ke Dinas Pendidikan untuk konsulatsi masalah ini. Di sana ternyata banyak teman-teman operator yang Antri juga untuk mendapatkan bantuan dari Masternya Dapodik. Tiba giliran saya, kemudian saya ceritakan kasus tidak bisa login sp.datadik ini, dan tidak bisa generate prefiil. Ternyata disana ada keterangan akun tidak aktif. Kemudian saya disuruh untuk mencoba, dan ternyata sudah bisa normal kembali.


Itulah cerita saya tentang cara mengatasi tidak bisa login sp.datadik dan tidak bisa generate prefill. Terima kasih saya ucapkan kepada teman-teman operator dan khususnya Admin Dinas Pendidikan. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk " Cara Mengatasi Tidak Bisa Login sp.datadik"