Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanya Jawab Error Dapodik 2021 Dan Solusinya

Pada postingan kali ini saya akan rangkumkan beberapa tanya jawab masalah error Dapodik versi 2021 yang dialami beberapa teman operator. Postingan ini bersumber dari grup operator sekolah.

Baik tanpa basa-basi, silahkah langsung simak barangkali ada yang mempunyai kasus error aplikasi dapodik yang sama sehingga  dapat meberikan solusi yang tepat.
Error dapodik 2021
Namun sebelum lanjut, saya sampaikan terlebih dahulu bahwa beberapa kata-kata telah saya edit agar enak sebagai bacaan yang menambah wawasan sebagai operator sekolah.

1. Dapodik Dimodifikasi Secara Ilegal.

Aplikasi dapodik tidak bisa dibuka muncul tanda silang merah. Terdeteksi bahwa pengaturan database telah dimodifikasi secara ilegal. Aplikasi tidak dapat dibuka. Mohon install ulang aplikasi untuk dapat menggunakan dapodik kembali. Padahal tidak menggunakan aplikasi ilegal.
dapodik dimodifikasi ilegal


Solusinya ya memang harus instal ulang.
Namun agar tidak terjadi error lagi ada beberapa cara pencegahan.
1. Saat menginstal baru, tunggu beberapa saat jangan langsung membuka aplikasi. Ini berguna agar database dan mesinnya aktif.
2. Saat baru menghidupkan laptop, juga jangan langsung membuka dapodik. tunggu database dan mesin dapodik aktif atau runing.

Error ini cukup mendasar, karena jika seperti ini otomatis operator sekolah tidak bisa melanjutkan pekerjaannya. Penyebab error ini kemungkinan karena pengaruh spesifikasi laptop yang rendah atau lemot. Info: Spesifikasi Minimal Laptop Untuk Dapodik

2. Dapodik 2021 Tidak Terhubung dengan Database

Ada apa ini ya? kemarin sudah bisa masuk ke aplikasi dapodik dan lancar.  Tetapi saat dibuka lagi dapodik muncul keterangan "Tidak terhubung dengan database. #2 Versi aplikasi saat ini 2021."    
dapodik tidak terhubung database


Hal ini bisa jadi database dapodik tidak aktif/jalan.
1. Tekan tombol windows + R 
2. Terus ketik services.msc 
3. Cari Database Dapodik 
4. Klik Start/Restart
service dapodik


3. Tidak Bisa Mengubah Email PTK

Mohon bantuannya, akun ini sudah verifikasi. Bagaimana cara merubah email yang sudah terverifikasi? Sebab di sp.datadik tidak bisa diubah. Muncul keterangan Akun ini sudah verifikasi, silahkan gunakan login individu untuk mengubah.
tidak bisa ganti email dapodik


Memang, pada aplikasi dapodik jika sudah berhasil melakukan verifikasi email maka otomatis username dan akun tidak bisa diganti. 


4. Tertulis Akun Belum Terverifikasi

Udah di verivikasi, kode verifikasi udah masuk ke email, pada aplikasi dapodik tetap juga tertulis akun belum terverivikasi, mohon pencerahan.
akun operator tidak terverifikasi


Lakukan sinkronisasi dapodik.



5. Akun Operator Dapodik Sekaligus Akun PTK

Saya Operator dapodik sekaligus PTK dengan data sbb:

Email Operator : labk***0109@gmail.com (Berhasil Verifikasi)


Email PTK : asyraf***1@gmail.com (Belum Bisa Verifikasi)


Akun operator sudah berhasil verifikasi, 

Permasalahanya, ketika saya login sebagai PTK dengan email : asyra****@gmail.com, dibagian akun yang muncul adalah email operator, sehingga sebagai PTK tidak dapat melakukan verifikasi. Kawan-kawan mohon solusinya, Terima kasih.

Ganti email akun PTK jangan sama dengan email akun operator dapodik. Caranya bisa menggunakan aplikasi dapodik localhost kemudian buat akun dan sinkronkan. Tunggu beberapa jam hingga bisa login di ptk.datadik.

ubah kontak email PTK


menu penugasan ptk

salin email ptk

Email PTK sama dengan email operator merupakan kendala yang cukup menyulitkan, cara salin email GTK pun tidak bisa atau sulit dilakukan.  Bisa terjadi malah menjadi tidak bisa login sama sekali baik  sebagai operator maupun PTK

Jika cara ini tidak berhasil, untuk saat ini solusi terbaiknya adalah dengan menghubungi Admin Dinas Pendidikan


Seperti yang di ketahui fitur ubah atau buat akun pada menajemen sekolah sp.datadik merupakan hal baru dan belum sepenuhnya sempurna. Jadi kita bisa memanfaatkan aplikasi localhost.

6. Tidak Bisa Login PTK Email Sama Operator

Mohon Solusinya bapak Ibu, Saya guru yang merangkap operator dapodik, karena emailnya sama jadi munculnya seperti ini saat login akun PTK, bagaimana ya caranya untuk bisa login ke akun PTK
tidak bisa login akun ptk



Email PTK di update aja pak.. Jangan di samain sama email admin, begitu pun pasword nya.. Baru masuk pake akun ptk jangan pake akun admin..

Update email PTK bisa dilakukan di aplikasi local dapodik pada menu penugasan. Jika disitu tidak bisa diganti ubah dulu emailnya melalui profil sekolah kemudian di menu penugasan tadi gunakan tombol salin.



7. Login PTK Error Muncul Baris Kode HTML

Pada akun ptk, muncul seperti ini kenapa yah?
login PTK error kode html


Tunggu pas lancar, nanti akan muncul seperti pilih yang sesuai, lalu verifikasi

 

8. Tidak Bisa Menggunakan Fitur Naik Kelas

Saat menggunakan fitur menu aksi naikankelas rombel muncul keterangan error. Kenaikan kelas dibatalkan dikarenakan rombel masih menggunakan kurikulum KTSP yang telah dinonakatifkan. 
tidak bisa naik kelas dapodik


Solusinya buat kelas secara manual, kemudian masukan siswanya juga secara manual.


9. Tidak Bisa Centang Sinkron

Mau singkron, terkendala d sini. Satupun Ndak ada yg bisa d centang. Akhirnya ndak bisa singkron. Ada yg punya solusi?
tidak bisa centang sinkron


Ganti browser yang up to date



Demikianlah 9 Tanya Jawab tentang masalah error dapodik 2021, semoga bisa memberikan solusi yang tepat. Mohon koreksinya jika ada kekeliruan. Terima kasih

9 komentar untuk "Tanya Jawab Error Dapodik 2021 Dan Solusinya"

  1. min akun ptk salah seorang guru masih belum terverifikasi padahal sudah saya verifikasi dan memasukan kodenya dari email. sinkron pun sudah berkali-kali tapi tetap saja di aplikasi dapodik dikatakan belum terverifikasi. mohon pencerahannya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek keterangan di web ptk.datadik dan di sp.datadik apaksah sudah muncul keterangan "sudah verifikasi". Jika sudah pastikan saat sinkronisasi dapodik berhasil. Untuk 2 hari ini saya melakukan sinkron dapodik memang agak sudah, muncul keterangan server sibuk, sinkronisasi masih berjalan.

      Kemungkinan memang banyaknya yang sudah mencoba sinkron ataupun ada pembenahan dan optimasi di server.

      Hapus
  2. Min, akun dapodik sy tidak ada tobol biru verifikasi. nama akun, username nya pun kosong. bagaimana solusinya ya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Apakah akunnya baru di buat di manajemen sp.datadik? jika iya silahkan lakukan terlebih dahulu sinkron dapodik.
      2. Kalau saya lebih disarankan pembuatan akun melaui aplikadi dapodik lokal kemudian sinkron

      Hapus
  3. mohon bantuan untuk mengatasi kurikulum di non aktifkan di penambahan rombel….

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai dapodik versi 2021 Kurikulum 2006 sudah dihapus dan hanya boleh menggunakan kurikulum 2013

      Hapus
  4. Mengapa saya masukan email dan pasword untuk verifikasi akun melalui alamat pd...tetapi selalu muncul error, mengapa begitu atau solusinya seperti apa Bpk/Ibu, makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat PD yang mana ya?

      Untuk verfikasi akun operator masuknya ke https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

      dan untuk verifikasi akun PTK di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/

      lebih jelas tentang cara verifikasi bisa dilihat pada postingan sebelumya: https://www.tasadmin.id/2020/07/verifikasi-akun-dapodik-2021.html

      Hapus
  5. minta solusi, kenapa akun ptk yg sudah jadi dan emailnya sudah di verifikasi tapi tidak bisa masuk ke akun ptk tersebut untuk mengisi tugas tambahan. sebelumnya pas masuk di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/, ptk tersebut namanya tidak ada di daftar nama ptk, baru saya tambahkan nama tersebut. terima kasih

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.