Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MUDAH MENYINGKAT LINK URL MENGGUNAKAN S.ID

Cara mudah menyingkat link atau url, salah satunya dengan menggunakan s.id. s.id ( dibaca s dot id ) merupakan salah satu website yang menawarkan fasilitas penyingkat link/tautan/url alamat website. Fitur yang saya suka dari s.id adalah sederhana dan fiturnya juga terdapat fasilitas statistik pengunjung. S.id merupakan bagian dari pandi.id yang merupakan organisasi atau lembaga pengelola alamat domain website Indonesia dot id (.id)

Beberapa pekan ini Kemdikbud dan kepala daerah memberikan peraturan untuk meliburkan sekolah dan pembelajaran melalui home learning / belajar dirumah, dan dipantau secara online. Banyak dari teman-teman guru yang menggunakan berbagai layanan berbasis teknologi untuk melakukan pembelajaran home learning dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Telegram, Edmodo, Kelas Maya Rumah Belajar Kemdikbud, Moodle, Google Classromm, Google Form dan lainya.

Google form adalah fitur yang banyak digunakan oleh Bapak Ibu Guru untuk membuat soal online yang nilainya bisa langsung muncul ataupun jenis soal uraian dapat dikoreksi secara manual. Google form menjadi pilihan karena mudah digunakan, tanpa server (otomatis server google yang tentunya dijamin tidak akan down).

Setelah kita membuat kuis pada google form kita bagikan berupa link atau url kepada siswa. Yang menjadi persoalan jika link terlalu panjang dirasa kurang enak dipandang. Pada google form sendiri telah disediakan penyingkat url agar lebih pendek, namun jika ingin lebih pendek lagi dan memberikan nama link sesuai keiinginan bisa menggunakan fasilitas penyingkat link/url s.id.

Baik berikut ini cara penggunakan s.id cukup mudah, langsung saja. Karena kebanyakan pengguna menggunakan handphone maka scren shoot kami contohkan juga menggunakan handphone

1. Buka alamat https://s.id/

2. Login untuk bisa menggunakan semua fiturnya.
3. Kita persiapkan link yang akan disingkat, misalnya kuis yang dibuat dari google form klik pada icon pesawat untuk mendapatkan link google form
4. Klik icon gambar rantai untuk mengetahui alamat linknya

5. Di google form sendiri telah ada fasilitas untuk memperpendek link namun tentunya tidak bisa diatur sendiri linknya. Dicontohkan sebelumnya linknya https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfH8zMiQe2zFIhQgy7lj9FuOXdvD9KidxZzJCoks7pjCloIPA/viewform?usp=sf_link
 seteleha di perpendek menjadi https://forms.gle/YsTfADs1rkjdsQ7j8

6. Selanjutya kita buka dashboard s.id untuk mulai menyingkat link agar lebih pendek
7. Otomatis link akan disingkat lebih pendek lagi, klik ganti untuk mengubah nama link sesuai keperluan

8. Link berubah sesuai keperluan atau bisa diseting sendiri https://s.id/kuis-k13
Jika tidak bisa disimpan berarti nama link tersebut sudah digunakan orang lain


Dengan link yang singkat atau pendek dapat memberikan kesan rapi dan bagus jika di share di media sosial. Penggunaan s.id juga bisa digunakan untuk mengetahui statistik seberapa banyak orang yang mengklik link yang kita buat, bahkan dapat diketahui dari daerah / wilayah mana berasal.

Melaui ini saya share juga postingan terdahulu yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis teknologi atau elearning diantaranya:

1. Menggunakan moodle untuk eleraning
2. Menggunakan google drive untuk pengumpulan tugas siswa
3. Membuat kelas online menggunakan google class room
4. Membuat kuis soal online menggonakan google form

Demikian yang bisa saya bagikan tentang bagaimana cara mudah menyingkat link/url menggunakan s.id semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "CARA MUDAH MENYINGKAT LINK URL MENGGUNAKAN S.ID"