PDUN Untuk Pendataan Peserta Ujian

PDUN dengan alamat link http://pdun.data.kemdikbud.go.id merupakan aplikasi online web yang diperuntukkan mendata calon peserta ujian baik itu Ujian Nasional  (UN) maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional  (USBN). Peserta UN untuk jenjang SMP / SMA / SMK,  dan USBN untuk jenjang SD.

Data PDUN mengambil dari server dapodik, jadi jika ada perubahan atau perbaikan data  bisa diubah melalui aplikasi dapodik. Adapun untuk data yang dikunci pada aplikasi dapodik hanya bisa diperbaiki melalui verval PD. Jadi tiga aplikasi ini harus mengadakan sinkronisasi.

Pengalaman kami data aplikasi pada PDUN adalah real time jadi ketika kita melakukan perubahan data pada aplikasi dapodik maupun verval pd akan segera berubah setelah melakukan sinkronisasi.

PDUN ini ibaratnya semacam aplikasi untuk benar-benar memvalidkan data Calon Peserta Ujian, karena nantinya dari aplikasi ini datanya akan dipindahkan lagi ke aplikasi lainya. Kita export data PDUN kemudian nanti diupload lagi untuk diimpor ke aplikasi biosistem atau bioun.

Langkah langkah login aplikasi PDUN adalah sebagai berikut


  1. Buka alamat link Manajemen PDUN http://pdun.data.kemdikbud.go.id/
  2. Login  PD UN sebelumnya menggunakan username dan passwordnya sesuai dengan akun dapodik. Namun untuk saat ini sudah menggunakan akun SSO  sdm.data.kemdikbud. Atau akun yang biasa digunakan untuk verval PD dan verval PTK 
  3. Setelah berhasil login maka akan tampil 3 menu utama yaitu Beranda, Calon Peserta Ujian (CPUN) dan Logout seperti gambar dibawah ini.  
  4. Silahkan cek nama dan data siswa pada menu Calon Peserta UN, Silahan dicek danya apakah sudah betul atau belum. 
    cek data PDUN peserta ujian
  5. Jika data sudah betul lanjut ke menu "Pengaturan Kursi" --- klik menu "Ubah" --- "Nama Urut Rombel" diisi sesui urutan yang ada di sekolah, kemudian simpan. 
    pengaturan kursi pdun sesui urutan rombel
  6. Unduh File Calon peserta UN file berformat .dz nantinya file inilah yang akan di upload / di impor pada aplikasi peserta ujian dan untuk mendapatkan nomor peserta ujian dan ditetapkan sebagai Data Nominasi Tetap (DNT) Peserta Ujian.  
  7. Berita Acara juga kadang diminta untuk dikumpulkan ke Dinas Pendidikan.


Perbaikan Data PDUN

Berikut ini adalah data yang ada pada Manajemen PDUN dan cara memperbaikinya
1. Nama Siswa : Verval PD
2. Jenis Kelamin: Verval PD
3. NISN: NISN adalah bersifat unik, dan sekali diberikan tidak bisa diedit.
4. Tempat Tanggal Lahir: Verval PD
5. Alamat: Langsung edit pada aplikasi dapodik
6. Agama: Langsung edit pada aplikasi dapodik
7. Nama Orang Tua: Nama Ayah langsung bisa diedit pada aplikasi dapodik, jika pada akte tertulis anak dari seorang ibu maka kosongkan nama Ayah, maka otomatis Nama Orang Tua pada PDUN terisi Nama Ibu. Nama Ibu edit pada verval PD.
8. Nomor Induk Siswa: Edit pada aplikasi dapodik, melaui menu registrasi.

NB: Setelah melakukan edit data melalui verval PD, segera melakukan sinkronisasi dapodik.

Untuk kelas 6 SD harus lebih teliti karena merupakan tahapan awal menuju data valid dalam pencocokan data sesuai dengan akta kelahiran atau tidak, perlunya kerja sama yang baik antara operator sekolah dan operator dinas pendidikan KK Datadik dimana beliau yang mempunyai akun untuk bisa aproval setuju tidak setuju perbaikan data melalui Verval PD.

 ( Pelajari selengkapnya tentang: Verval PD )


Demikian yang bisa kami posting di blog tasADMIN tentang PDUN untuk pendataan Calon Peserta Ujian, jika ada yang belum jelas bisa ditanyakan melalui kota komentar yang tersedia dibawah ini. Semoga bermafaat... terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "PDUN Untuk Pendataan Peserta Ujian"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel