BELAJAR PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH DARI MODUL PELATIHAN KS

Postingan kali ini kita akan share sebuah file buku moodul pelatihan penguatan kepala sekolah tentang pengelollan keuangan. Modul ini dari Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019.
Modul pengelolaan keuangan sekolah 2019

Tenaga Adminstrasi termasuk Tenaga Kependidikan, maka tidak ada salahnya mempelajari buku ini karena didalamnya juga berisi tentang keuangan sekolah dan perpajakan.Materi Pembelajaran yang ada di buku ini diantaranya:

1. Konsep Pengelolaan Keuangan Sekolah
2. Tujuan Pengelolaan Keuangan Sekolah
3. Landasan Hukum Pengelolaan Keuangan Sekolah
4. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Keuangan
5. Perencanaan dan Pembelanjaan Dana Sekolah
6. Konsep Perpajakan
7. Jenis-jenis Pajak


Pengelolaan keuangan sekolah meliputi tahapan perencanaan, pembelanjaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan harus memperhatikan prinsip-prinsip keadilan, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas. Pengelolaan keuangan sekolah harus mengacu pada regulasi yang berlaku.

Pengelolaan keuangan sekolah berkaitan erat dengan perpajakan. Proses pemotongan, perhitungan dan penyetoran pajak harus memperhatikan regulasi yang berlaku. Jenis-jenis pajak yang harus diketahui oleh kepala sekolah terkait dengan pengelolaan keuangan sekolah diantaranya adalah pajak penghasilan Pasal 21 dan/atau Pajak Penghasilan Pasal 26 Sehubungan Dengan Pekerjaan, Jasa, dan Kegiatan Orang Pribadi Direktur Jenderal Pajak, Pajak Penghasilan Pasal 22 tentang Kewajiban perpajakan yang terkait dengan penggunaan dana untuk pembelian barang seperti ATK/bahan/penggadaan sebesar 1.5%. Pajak penghasilan pasal 23 tentang perpajakan pajak penghasilan dengan tarif 2% (dua persen) dari jumlah bruto yang tidak termasuk Pajak Pertambahan Nilai untuk rekanan yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Apabila rekanan tidak memiliki NPWP maka besarnya tarif pemotongan adalah lebih tinggi 100% (seratus persen).

Download File Buku Modul Pengelolaan Keuangan Sekolah

[unduh di sini]


PENUTUP
Modul Pengelolaan Keuangan ini membekali kepala sekolah agar mampu mengelola keuangan sekolah yang sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien sesuai tuntutan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Pengelolaan keuangan sekolah yang baik adalah apabila seluruh kegiatan pemgelolaan keuangan dijalankan berprinsip pada efisiensi, transparansi, akuntabilitas dan berkeadilan. Hal ini akan menciptakan suasana sekolah yang kondusif, meningkatkan kepercayaan stake holder, meningkatkan kinerja serta meningkatkan kualitas sekolah.
Modul ini berkaitan erat dengan modul Pengembangan Rencana Kerja Sekolah. Oleh karena itu, perluasan dan pengembangan wawasan serta pengetahuan kepala sekolah berkenaan dengan substansi materi ini penting dilakukan baik melalui kajian buku, jurnal, maupun penerbitan lain yang relevan. Disamping itu, penggunaan sarana perpustakaan, media internet, serta sumber belajar lainnya merupakan wahana yang efektif bagi upaya perluasan tersebut.

Pada akhirnya, keberhasilan peserta dalam mempelajari modul ini bergantung pada tinggi rendahnya motivasi dan komitmen peserta dalam mempelajari dan mempraktikkan materi yang disajikan.


Itulah yang bisa kami share pada kesempatan kali ini, jika dirasa bermanfaat share juga ke teman Bendahara Sekolah, Kepala Sekolah, maupun Tenaga Administrasi, Terima kasih

Belum ada Komentar untuk "BELAJAR PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH DARI MODUL PELATIHAN KS "

Posting Komentar

Kritik dan saran dari pembaca kami harapkan untuk isi blog yang lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel