MEMBUAT SURAT PENGANTAR.

Kembali lagi dengan postingan di blog tasADMIN. Pada kesempatan ini saya akan memposting tentang surat pengantar dan contohnya. Untuk Sekolah mungkin tidak banyak membuat surat pengantar, karena surat pengantar biasamya dibuat untuk menyampaikan surat edaran, ataupun surat keputusan dari lembaga atau instansi atasan seperti Bupati, Dinas, Kementrian, dll.
tulisan surat pengantar

Kata pengantar dibentuk dari kata dasar antar dan awalan peN-. Kata pengantar bermakna:
  1. Orang yang mengantarkan;
  2. Alat untuk mengantar;
  3. Pendahuluan umum secara ringkas sebagai pendaguluan (isi buku, ceramah)

Surat pengantar berfungsi mengantarkan sesuatu. Sesuatu yang diantarakan dapat berupa barang, buku, surat, dan berkas yang lain. Surat pengantar itu dan barang yang diantarkan seperti orang yang berjalan beriringan.

 Ada bentuk tertentu yang sangat lazim digunakan dalam surat pengantar (yang bukan berbentuk balngko). Bentuk tertentu itu adalah bersama ini atau bersama surat ini. Penggunaannya sebagai berikut.

1. Bersama surat ini kami kirimkan surat tugas atas nama Dra. Ratna Indriani yang Saudara kirimkan beberapa hari yang lalu.

2. Karena siswa-siswi Saudara banyak yang berminat memiliki Lembar Komunikasi, bersama ini kami kirimkan Lembar Komunikasi edisi terakhir.

3. Bersama ini kami sampaikan surat edaran Menteri Pendidkan dan Kebudayaan nomor 37/MPK/1993, tanggal 27 Februari 1993 tentang pekerjaan jasa cetak dokumen pendidikan.

4. Dengan hormat, bersama ini kami sampaikan fotokopi surat Kepala Biro Perlengkapan  Setjen Depedikbud tanggal 12 Juni 1992, nomor 31870/A4/F/1992 agar surat itu diketahui dan dipedomanii dalam pembuatan kebijaksanaan.

5. Berkaitan dengan surat dari Direktur Utama PT Ngestimulya tanggal 23 Mei 1993, nomor 10/NM/V/1992 dan surat dari Direktur Utama PT Bayu Adji Utama tanggal 25 Mei 1992 nomor 49/BA/1992, perihal penawaran perumahan, bersama ini kami sampaikan fotokopi brosur penawaran perumahan yang terletak di dusun Sidorejo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul dan perumahan Naga Asri Permai di Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Sleman.

Dalam contoh kalimat 1 dan 2, digunakan bentuk kami kirimkan dan dalam contoh kalimat 3,4,dan 5 digunakan bentuk kami sampaikan. Karena kata mengirimkan bermakna menyampaikan dan kata menyampaikan dapat bermakna mengirimkan, bentuk  kami kirimkan dan kami sampaikan merupakan sinonim, yaitu dua bentuk yang bermakna sama. Oleh sebab itu, kedua bentuk itu dapat digunakan.

Sesudah mengirimkan sesuatu, subjek surat (pengirim surat) lazim mempunyai harapan-harapan tertentu yang berkaitan dengan pengirimannya. Harapan-harapan semacam itu dapat dituangkan dalam kalimat pentutup surat pengantar seperti berikut ini.
  1. Semoga buku-buku itu dapat melengkapi perpustakaan Saudara.
  2. Mudah-mudahan buku-buku itu bermanfaat.
  3. Mudah-mudahan edaran itu dapat dipedomankan.
  4. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Dan berikut ini adalah contoh surat pengantar.
(belum tersedia)

Demikanlah tentang surat pengantar dengan contohnya, semoga dapat berguna. Terima kasih telah mengunjugi blog ini, semoga bermanfaaat.

Referensi / Source
Buku Bahasa Surat Dinas

Lihat juga: Contoh Surat Keterangan
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Belum ada Komentar untuk "MEMBUAT SURAT PENGANTAR."

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel