CARA MENAMBAH UKURAN KERTAS F4 PADA PRINTER

Daftar Isi
Terima kasih telah berkunjung ke blog ini untuk membaca postingan cara menambah ukuran kertas f4 pada microsoft word dengan printer HP LaserJet P1102.

Yang kami ketahui, pada umumnya kertas yang digunakan di Indonesia untuk mencetak dokumen adalah kertas tipe A4 dan F4.  Kertas A4 berukuran 210 x 297 mm atau 8,27 x 11,69 inci. Kertas F4 berukuran 215 x 330 mm atau 8,5 x 13 Inchi. Di Indonesia ukuran kertas A4 sering disebut Kwarto dan kertas F4 sering disebut kertas folio. Ada bermacam standar ukuran kertas internasional, namun yang sering digunakan adalah standar ISO.

Setiap printer pastilah ditemukan pengaturan kertas dengan ukuran A4, namun ukuran F4 munkin tidak ada pengaturannya dalam printer. Untuk itu diperlukan pengaturan lanjutan pada printer untuk kertas F4 agar kita bisa mencetak dengan baik menggunakan kertas tersebut. Pada tutorial kali ini saya akan contohkan seting kertas F4 pada printer HP Laser.

1. Kita buka Control Panel\Hardware and Sound\Devices and Printers
Control Panel Devices and Printers
Tampilan printer yang tersinstal

2. Kemudian kita cari printer yang akan diseting, yaitu HP LaserJet tipe P1102 selanjutnya klik kanan --- pilih Printing Preferences
Klik Kanan Printing Preferences

3. Setelah itu kita masuk ke Paper/Quality --- Paper Options - Size is --- pilih Costum
Setting Paper Options

4. Kita lanut mengisikan nama pada Costom Paper Size - Name disisi F4 - Size Width = 215 mm dan Height = 330 mm. Selanjutnya Save dan Close. Lalu kita ok Pada kotak dialog Printing Preferences.
Costom Paper Size Kerta f4

5. Kita telah menambahkan ukuran kertas pada printer, lalu kita coba cek pada microsoft word apakah sudah ada pilihkan ukuran kertas f4. Sebelum kita ke page setup pastikan dahulu kita telah memilih printer laser tersebut untuk digunakan mencetak. Jika sudah kita ke Page Setup --- Paper --- lihat ukuran F4 sudah ada dalam pilihan, gambarnya sebagai berikut.
Pilihan Kertas F4 Microsoft Word
Video
Link youtube: https://youtu.be/hqgMlm3Em_E

Next:  👉   CARA PRINT BOLAK BALIK DOKUMEN

Demikianlah cara menambah ukuran kertas F4 pada printer HP laser yang nantinya pilihan kertas akan muncul pada microsoft word, excel, maupun apikasi office yang lain. Semoga postingan singkat ini bisa dimengerti dan bermanfaat.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
aan
20 Oktober 2018 pukul 14.56 Hapus
Wow amazing
Comment Author Avatar
6 Maret 2020 pukul 19.53 Hapus
Kalau untuk printer hp mfp m28 kok udah saya atur tetap nfak bisa ya