APLIKASI BERKAS PENCAIRAN DAN LAPORAN BSM PIP

BSM merupakan singkatan dari Bea Siswa Miskin, ada juga yang menyebutnya Bantuan Siswa Miskin. Pada tahun 2016 banyak disebut dengan Program Indonesia Pintar (PIP) dengan kartunya yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP). Program ini dilakukan pemerintah tentunya untuk mengurangi siswa putus sekolah. Namun jika kita melihat di sekitar kita masih banyak yang tidak tepat sasaran, semoga kedepanya lebih baik lagi, baik dari perencanaan, dan realisasi termasuk didalamnya yang penting terkait dengan pendataan PIP agar tercipta data yang valid.

Terlepas dari itu, karena sesuai judul adalah tentang aplikasi berkas pencairan dan pelaporan BSM / PIP. Kita lansung saja ya... Sebagai operator sekolah tentunya akan juga membantu dalam pengusulan dan pelaporan BSM / PIP. Untuk menperlancar dan mempercepat pelaporan tersebut maka kiranya purlu dan bisa disusun aplikasi yang berbasis excel. Ditempat kami berkas / lampiran-lampiran untuk BSM/PIP cukup sederhana yaitu Surat Keterangan Kepala Sekolah dan Foto Copy KTP.

Sebelum melanjutkan ke aplikasi beberapa hal yang penting terkait BSM/PIP sekiranya sebagai berikut:

1. Data Penerima BSM menang bukan data yang langsung bersumber dari Dapodik akan tetapi dari Basis Data Terpadu. Namun pada awal pendataan (Dapodik) sekolah baiknya mendata yang mempunyai Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan atau Kartu Indonesia Pintar (KIP). Akan lebih baik jika sekolah meminjam Kartu Aslinya sebentar dan menscannya kemudian hasil scan tersebut kita simpan. Sehingga kita punya data soft filenya. Dengan data soft file ini jika harus cepat mengumpulkan foto copy lagi, kita langsung saja print, tanpa repot meminta ke siswa atau orang tua.

2. Selain Kartu tersebut diatas, perlu juga kita scan KTP orang tua. Jika tidak ya kita simpan saja foto copya.

3. Bisa terjadi ada warga yang tidak mendapat kartu KPS atu KIP, padahal siswa tersebut layak untuk mendapatkannya. Sekolah tetap mencatatnya dan meminta Surat Keterangan dari Kepala Desa atau Kepala Kelurahan. Sekolah ada kalanya diberi hak untuk mengusulkan.

Untuk aplikasi berbasis excel ini kita buat dengan rumus utama Vlookup. Nanti kita masukan data pada sebuah tabel. Dari data tabel tersebut kita ambil dengan rumus Vlookup ke format Surat Keterangan Kepala Sekolah. Selain surat keterangan untuk BSM/KIP kita juga bisa membuat daftar penerima. Ditempat kami surat keterangan ini dibuat setelah siswa yang menerima telah mendapatkan ID Bank atau akun virtual.

Tentang aplikasi BSM / PIP bukan pertama kalinya disusun, sudah lama ada Operator Sekolah yang membuatnya, aplikasi tersebut bisa di cari dan download secara cuma-cuma melalui search engine google.

Kami membuat agar sesuai dengan yang dibutuhkan ditempat kami saja supaya bisa lebih mempercepat, namun saat menyusun aplikasi juga butuh waktu juga ding... hehee..

Dan berikut ini tampilan aplikasinya...

1. Sheet Menu Aplikasi BSM

Di sheet ini terdapat data sekolah dan link ke sheet laiinya.
Sheet Menu Aplikasi BSM
tampilan menu aplikasi bsm

2. Sheet Data Aplikasi BSM

Pada sheet ini kita masukan data Siswa penerima BSM. Dengan tabel data ini merupakan sumber data untuk membuat surat keterangan. Dengan tabel ini kita juga lebih bisa mengumpulkan data denganlengkap karena memuat banyak data.
sheet data aplikasi BMS

3. Sheet Surat Keterangan
Pada sheet ini kita membuat format keterangan yang datanya kita ambil dari table data pada Sheet Data BSM / PIP. Didalam surat keterangan ini tercantum ID Bank (Nomor Virtual) dan Nomor  Rekening. Format Surat Keterangan PIP tiap daerah munkin berbeda. Berikut ini tampilannya....
Form Surat Keterangan BSM

Update Download Aplikasi PIP 2018

Anda bisa mendownload aplikasi ini secara geratis, download tanpa ribet. Dan Anda bisa mengeditnya sesuai selera.
Link downloadnya:
https://sites.google.com/site/berkasopsd/dokumen/Aplikasi_PIP_2018_share.rar

============

Dan berikut ini adalah video cara membuat aplikasi menggunakan vlookup

Video selanjutnya
MEMBUA APLIKASI MENGGUNAKAN VLOOKUP PART 2

Kritik Dan Saran
Kritik dan saran dari pembaca kami harapakan untuk aplikasi yang lebih baik.

Demikian postingan pada kesempatan ini, terima kasih telah membaca dari awal sampai akhir. Semoga bermanfaat.
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Belum ada Komentar untuk "APLIKASI BERKAS PENCAIRAN DAN LAPORAN BSM PIP"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel