Mencetak Laporan Keuangan dari Alpeka BOS

Setelah kita sebelumnya mengentri pembukan bos, saatnya kita mencetak laporanya sesuai format yang ada. Ini dilakukan untuk pembukan disekolah supaya mempunyai cetakan print out laporan. Bisa untuk arsip sekolah maupun untuk laporan ke Dinas Pendidikan maupun Ke Kementrian, atau akan digunakan untuk monitoring dan evaluasi. Untuk mencetaknya kita gunakan aplikasi alpekanya, master aplikasinya atau aplikasi yang digunakan untuk menggerenate. Anda bisa baca pada postingan sebelumnya tentang Alpeka BOS Aplikasi untuk Pelaporan Keuangan Sekolah.

Sebagai contoh kita akan mencetak laporalan buku kas umum atau format BOS K3. Pada aplikasi ini ketika kita hendak mencetak buku kas umum BOS K3, maka kita langsung mencetak buku pembantu kas umum BOS K4, buku bantu bank BOS K5, dan buku pembantu pajak BOS-K6. Jadi keempat format pembukuan keuangan BOS Pusat tersebut akan dicetak sekaligus hanya dengan satu klik. Dan berikut akan kami posting langkah-langkah mencetaknya beserta beberapa tampilan gambarnya.

1. Buka aplikasi dan enablekan macronya, cara enable macro bisa dilihat pada link berikut.

2. Setelah itu kita menju ke Menu Utama --- laporan keuangan --- pilih tombol Bos-K3, K4, K5, K6.

3.  Selanjutnya anda akan dibawa ke menu laporan seperti ini
tampilan menu cetak aplikasi pelaporan bos
Menu cetak laporan aplikasi alpeka bos

Isi form yang berwarna putih saja, ini akan otomatis mengikuti pilihan sebelumnya menyesuaikan sesuai pilihan. Misalnya: Anda memilih jenis periode per triwulan makan form selanjutnya untuk memilih bulan tentunya tidak bisa diisi.

Jenis laporan: Diisi K3, K4, K5, dan K6 (Karena kita akan mencetak Format BOS K-3)
Periode: Bulan (Kita akan mencetak buku kas umum per bulan)
Tahun ajaran: jelas
Tahun anggaran: jelas
Sumber dana: jelas
Jenis periode: jelas
Tahun Ajaran: jelas
Tahun anggaran: jelas
Triwulan: jelas
Bulan: jelas
Dari tanggal: jelas
Sampai tanggal: jelas


4. Setelah mengisi periode laporan, kita lanjut ke file sumber data. File sumber data ini merupakan worksheet tempat kita melakukan pembukuan.File ini didapat sebelumnya dari hasil generate Aplikasi Alpeka BOS. Kita pilih Browse --- kemudian cari filenya ---- dan pilih. Untuk mempermudah saya memberi nama dengan Aplikasi BOS 2016, dengan alasan Aplikasi ini akan digunakan untuk satu tahun anggaran, sekiranya nama tersebut paling pas, dan tuntuk tahun selanjutnya kita gunakan nama yang sama cuma diganti tahunnya saja.
cara cetak bos k3 k4 k5 k6 alpeka
Hasil cetak aplikasi alpeka bos

Setelah file terpilih selanjutkan kita klik cetak lporan, dengan cepat laporan k3, k4, dan k5, dan k6 langsung tercetak dalam satu worksheet, Mantap kan? aplikasi ini... Untuk mendownload aplikasi terbaru kita bisa kunjungi situs resmi bos kemdikbud http://bos.kemdikbud.go.id/. Atau lihat-lihat dulu menu-menunya pada postingan sebelumnya.

Dan berikut ini adalah cara laporan BOS Online untuk SD, SMP, dan SMA. Untuk sma sudah bisa melaporkan dana bos online menggunakan username dan pasword dapodikmen. Laporan yang dionlinekan yaitu lapporan penggunaan dana bos per komponen ( 13 Komponen). Selengkapnya: http://tasadmin.blogspot.co.id/2016/05/cara-laporan-dana-bos-online-sd-smp-sma.html

Ini saja yang bisa saya sampaikan dan posting pada kesempatan ini, mudah-mudahan bermanfaat. Sehingga kita bisa menggunakan aplikasi pelaporan bos gratis, legal dan handal yang telah disediakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Belum ada Komentar untuk "Mencetak Laporan Keuangan dari Alpeka BOS"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. 1X share dari Anda sangat berarti bagi kemajuan blog ini.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel