Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi SKHU Sementara SD dan Olah Nilai Ijazah Tahun 2016

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan ini, melalui blog tasADMIN ini, saya akan sedikit sharing tentang aplikasi yang berfungsi untuk mengolah nilai akhir yang akan dijadikan sebagai nilai ijazah. Selain nilai ijazah, aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU)  Sementara dan Surat Pengumuman Kelulusan. SKHU Sementara biasa digunakan untuk proses mendaftar di SMP. Karena pada umumnya SKHU yang asli belum selesai dibuat saat pendaftaran siswa baru di SMP sudah dimulai.
aplikasi skhu sementara sd dan olah nilai ijazah
Tampilan Menu Aplikasi  Cetak SKHU Sementara

Apabila kita melakukan pencarian di Internet melalui mesin pencari google maupun yang lain, kita bisa temukan banyak aplikasi seperti tersebut diatas. Aplikasi aplikasi tersebut dibuat oleh tangan-tangan kreatif Pendidik maupun Tenaga Kependidikan. Banyak blog yang juga telah memposting dan menyebarkan aplikasi tersebut agar lebih bermanfaat untuk membantu pengolahan nilai. Walaupun sudah banyak, saya akan tetap posting untuk menambah referensi saja. Selanjutnya saya akan coba untuk mendiskripsikan aplikasi SKHU Sementara dan Olah Nilai Ijazah ini.

Tentang Aplikasi SKHUS SD dan Olah Nilai Ijazah 2016

Aplikasi SKHU Sementara ini dibuat menggunakan Microsoft Excel 2007. Tentunya penggunaan akan lebih mudah karena sudah banyak yang familiar dengan aplikasi excel. Meskipun dibuat menggunakan microsoft excel 2007, tentunya dapat dioperasikan pada excel yang lebih tinggi versinya yaitu excel 2010 maupun Excel 2013. Format aplikasi ini adalah Excel Binarry (.xlb). Pada aplikasi ini menambahkan beberapa fungsi macro agar aplikasi dapat digunakan secara maksimal. Untuk itu sebelum menggunakannya harus mengktifkan ataupun mengenablekan macronya terlebih dahulu.

Aplikasi ini terdiri dari beberapa sheet yaitu sheet untuk menu utama, sheet untuk entry nilai raport dari semester 7 - 11, sheet untuk rekap daftar nilai, sheet untuk cetak skhu sementara, dan sheet yang lainnya. Pada shett menu utama terdapat tombol-tombol navigasi untuk menuju sheet lainnya, dan terdapat menu pengaturan bobot nilai. Sheet untuk entry nilai berupa tabel nilai yang dibuat sedemikan rupa sehingga memberikan suasana yang nyaman saat entry nilai. Sheet daftar nilai juga berupa tabel nilai yang merpukan hasil pengolahan dari nilai-nilai yang dientrykan. Untuk sheet SKHU Sementara berisi format SKHU yang tentunya bisa berbeda di seteiap sekolah atau daerah, sehingga silahkan diedit sesuai keperluan dan hati-hati supaya rumus formula nilai agar tidak berubah. Rumus yang digunakan adalah vlookup yang mengambil data dari sheet daftar nilai. Selain cetak SKHU Sementara aplikasi ini terdapat format untuk Surat Pengumuman Kelulusan beserta amplopnya.

Panduan penggunaan aplikasi SKHU Sementara dan Pengolah Nilai

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah karena berbasis excel. Pertama Anda harus menuju sheet utama terlebih dahulu untuk melengkapi data sekolah. Tombol yang mngarah ke sheet entry juga terdapat pada sheet ini. Beberapa tombol pada aplikasi ini menggunakan macro, sehingga harus dienablekan macronya. Jangan lupa untuk mengatur prosentase bobot nilai ujian sekolah dan nilai raport, yang diatur pada sheet menu utama. Selain bobot nilai tetnukan juga format nilainya apakah menggunakan puluhan atau satuan. Setelah itu tentukan juga jumah angka dibelakang koma. Namun untuk mengentry nilai pada aplikasi ini harus menggunakan nilai puluhan rentang nilai yang bisa dimasukan adalah 10 sampai dengan 100. Untuk penampakan tampilan aplikasi Anda bisa melihatnya di video berikut: https://youtu.be/Hh-oO7brxNc

Download Aplikasi SKHU Sementara Tahun 2016

Untuk mendownloadnya aplikasi ini cukup mudah, download di sini. Setelah di downloah extrak terlebih dahulu filenya, dikarenakan file diupload dalam bentuk .rar. Nama filenya adalah Aplikasi_SKHUS_SD_2016_SIAP_03.rar. Ukuran filenya: 217 Kb

------------
UPDATE:
Aplikasi SKHU klik di sini
-----------

Kritik dan Saran

Tentunya masih banyak kekeurangan yang terdapat dalam aplikasi ini. Kritik, saran, dan koreksi dari pembaca sangat kami harapkan supaya aplikasi ini dapat digunakan untuk pembuatan SKHU Sementara dan Pengolahan Nilai Ijazah. Anda dapat menyampaikanya melalui kotak komentar yang tersedia ataupun langsung kotak sms ke nomor yang tertera pada aplikasi tersebut.

Kiranya ini saja yang bisa saya sampaikan pada postingan ini, banyak kekurangya mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat.

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.