Verval PD untuk Perbaikan Data Siswa

Verval PD adalah akronim dan singkatan dari Verfikasi dan Validasi Peserta Didik. Verval PD merupakan aplikasi online yang berfungsi untuk menjamin kevalidan data siswa atau peserta didik (PD). Melalui aplikasi ini juga nantinya proses pemberian NISN dilakukan.
Verval PD untuk perbaikan data siswa

Verval PD menggunakan link https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/  merupakan aplikasi online yang tak terpisahkan dari sistem aplikasi Dapodik.

A. Fungsi Verval PD

Fungsi dari Verval PD dapat dilihat dari temanya yaitu verifikasi dan validasi data siswa / peserta didik, secara rinci diantaranya sebagai berikut:

  1. Untuk pemberian NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), untuk jenjang SD, NISN diberikan pada bulan Oktober, dan batas pengambilan datanya  (cut-off) adalah kkhir bulan September
  2. Perbaikan data siswa yang tidak bisa diperbaiki langsung pada aplikasi dapodik, seperti Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu
  3. Pengecekan data NISN. NISN yang benar dan valid adalah NISN yang ada pada verval PD. Kartu NISN yang biasanya juga dibuatkan oleh pihak sekolah tidak bisa digunakan untuk mengklaim NISN. NISN tidak harus menggunakan digit tahun lahir

B. Username dan Password Verval PD

Untuk bisa masuk atau login pada verval PD tentunya harus memiliki akun username dan password. Akun verval PD berbeda dengan akun operator dapodik, meskipun bisa dibuat sama. Jika Anda operator baru bisa menyanyakan passwordnya ke operator sebelumnya atau membuat akun baru melalui sdm data kemdikbud.

  1. Buka link https://sdm.data.kemdikbud.go.id/
  2. Selanjutnya masuk pada menu "Registrasi Anggota" --- "Operator Sekolah"
    registrasi akun sdm data kemdikbud
  3. Selanjutnya silahkan isi formulir pendaftaran dengan teliti. dan upload juga scan Surat Penugasan Operator ditanda tangani Kepala Sekolah dan CAP, upload file dalam format pdf. (lihat video cara scan dan ubah ke pdf). 
  4. Kemudian lanjut klik "Registrasi",  setelah registrasi silahkan cek di status pendaftaran apakah sudah bisa login atau belum. 
    cek status pendaftaran akun sdm data


C. Penggunaan Verval PD untuk Perbaikan Data Siswa

Secara mudahnya dan sering dilakukan verval PD digunakan untuk perbaikan atau edit data siswa / peserta didik. Dan berikut ini menu-menu yang ada pada aplikasi verval pd

1. Menu Home

Menu ini menampilkan diagram  lingkaran berupa perbandingan data antara yang belum memiliki NISN dan yang sudah memiliki NISN. Ditampilkan juga progres kemajuan dalam bentuk diagaram garis.

2. Menu Referensi

Menu referensi ini menampilkan data siswa yang sudah memiliki NISN, kita juga masih bisa melihat data siswa yang sudah lulus.

3. Menu Belum Memiliki NISN

Menu ini menampilkan data siswa yang belum memiliki NISN, biasanya pada awal tahun pelajaran untuk kelas 1 SD banyak yang belum punya, kemudian pada bulan Oktober akan diberikan / digeneratekan Nomor NISN.

4. Status Pengajuan Mutasi

Belum banyak yang tasadmin ketahui tentang menu ini.

5. Data Invalid

Daftar siswa yang ada di sini menampilkan data yang tidak valid, dilihat dari Data Dapodik. Jika ada kesalahan dalam prosedur pengisian/entri data peserta didik di Dapodik, maka sistem VervalPD akan menginformasikan kesalahan tersebut melalui fitur ini.
Cek kembali di Dapodik dan perbaiki
Contohnya: Ketidaklengkapan pengisian variabel data peserta didik, tanggal masuk sekolah untuk siswa mutasi tidak valid, kesalahan penentuan registrasi masuk rombel dan lain-lain.

6. Menu Edit Data

Menu edit data inilah yang berguna untuk memperbaiki data siswa yang salah / keliru. Jika ingin mengedit data caranya sebagai berikut:


  1. Masuk menu "Edit Data" --- "Pengajuan" --- "Nama dan Tanggal Lahir"
  2. Kemduian pilih siswa yang akan diperbaiki datanya. Atau ketik nama lengkap siswa pada kolom nama kemudian tekan enter untuk mencarinya. Nama siswa harus ditulis lengkap jika ingin menggunakan pencarian, selain nama bisa juga lebih akurat menggunakan atau ketik nomor NISN. 
    acara perbaikan data siswa verval pd
  3. Masukan perubahan data, meskipun kita hanya merubah data satu item, kita harus tetap memasukan data Nama baru, Tanggal Lahir Baru, Tempat Lahir Baru, Jenis Kelamin Baru, Nama Ibu Kandung Baru. 
    edit data siswa upload scan akta kelahiran
  4. Jangan lupa hal penting adalah upload scan dokumen perubahan, disini adalah scan akta kelahiran. File yang dapat diupload berformat .jpg atau .png Pastikan hasil scan dapat terlihat dengan jelas dan jangan melakukan edit gambar untuh hal-hal yang tidak dibenarkan. Ukuran file maskimal adalah 800Kb (lihat cara mudah scan dokumen menggunakan paint)
  5. Setelah isian formulir pengajuan perbaikan data komplit silahkan klik "Pengajuan Perubahan"

Persetujuan pengajuan perubahan identitas Peserta Didik akan dilakukan oleh Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat. Mohon dapat berkoordinasi dengan Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
Setelah pengajuan edit data disetujui, maka silahkan lakukan sinkronisasi dapodik agar perubahan data masuk pada aplikasi dapodik lokal.

Baca informasi: Penyepadanan data NISN dengan NIK Dukcapil

Demikianlah yang bisa tasadmin.id share mengenai aplikasi Verval PD untuk Perbaikan dan Edit Data Siswa / Peserta Didik. Salam satu data berkualitas, semoga bermanfaat.

===================
UPDATE
Saat ini veval PD sudah menggunakan aplikasi versi baru dan tampilanya sudah berbeda jauh dengan versi seblumnya. Pada postingan ini masih menggunakan verval PD versi lama.

alamat verval PD versi baruvervalpdnew.data.kemdikbud.go.id

2 Komentar untuk "Verval PD untuk Perbaikan Data Siswa"

  1. Yth Admin saya dari lembaga MTSS NURUL HUDA Sembung Parengan Tuban, telah terdaftar resmi pada SDM https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php dan sdh berhasil LOGIN.....namun ketika mau masuk pada VERVAL PD http://pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag kok tidak bisa LOGIN ..... mohon bantuannya ... email yang saya gunakan adah kkasmadiono@gmail.com

    atas bantuannya disampaikan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin harus meunggu beberapa saat, silahkan login, apa masih belum bisa?

      Hapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel